Minggu, 26 Oktober 2014

KPK tetapkan dua tersangka terkait kasus pajak

| 2.243 Views
id tersangka kasus pajak, kpk tangkap dua pegawai pajak, pegawai ditjen pajak ditangkap,
KPK tetapkan dua tersangka terkait kasus pajak
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan dua orang dengan inisial JGD dan TH terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi pajak.

"Tiga orang telah ditangkap pada Rabu (6/6), pada pukul 14.20 WIB, dan dua orang dengan inisial JGD dan TH telah ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (7/6) siang," kata Wakil Ketua KPK bidang Penindakan, Bambang Widjojanto, dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis.

Bambang mengatakan bahwa terkait dengan status kasus pajak tersebut, akan ditingkatkan menjadi tahap penyidikan dan pelaksanaan dalam pemeriksaan tersebut akan dilakukan oleh KPK.

"KPK memiliki dasar hukum yang kuat terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam kasus tersebut, oleh karena itu KPK akan melakukan pemeriksaan sendiri," tambah Bambang.

Bambang menambahkan bahwa ekspos yang dilakukan oleh KPK, memutuskan bahwa kasus ini ditingkatkan menjadi tahap penyidikan, dan akan dibuat surat perintah penyidikan yang mencantumkan nama-nama tersangka.

"Untuk motif dan pihak lain yang terlibat, kami masih belum bisa memberikan keterangan karena masih dalam proses pengembangan," kata Bambang.

Namun, lanjut Bambang, apabila ada bukti terkait keterlibatan pihak-pihak lain, maka sepanjang KPK memiliki bukti yang kuat tidak ada alasan bagi KPK untuk tidak menjangkau pihak-pihak tersebut.

"Kami juga memerlukan dukungan dari masyarakat apabila ada informasi yang berkaitan dengan kasus ini, dan KPK akan menerima dengan tangan terbuka serta akan mengembangkan informasi tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Bambang.

Pada Rabu (6/6) kemarin, KPK menangkap tiga orang terkait kasus pajak, dan di antaranya seorang oknum pegawai Ditjen Pajak berinisial TH dan seorang pengusaha yang juga wajib pajak berinisial JGD.

KPK menangkap ketiganya dengan barang bukti uang senilai Rp280 juta saat JGD menyerahkan uang yang diduga suap kepada TH yang juga seorang Kasi di Kantor Pajak Pratama (KPP) Sidoarjo, Jawa Timur.
(V003)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca