Jumat, 31 Oktober 2014

Pemkab Sumenep gagas pembentukan bank sampah

| 2.601 Views
id pemkab sumenep, bank sampah, bupati sumenep,
Pemkab Sumenep gagas pembentukan bank sampah
Ilustrasi-Sejumlah warga menyetor sampah kertas dan plastik ke Koperasi Bank Sampah. (ANTARA/ Reno Esnir)
Kami akan fokus untuk mewujudkan bank sampah
Sumenep (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggagas pembentukan bank sampah sebagai salah satu solusi pengelolaan sampah yang melibatkan sekaligus menguntungkan masyarakat.

Bupati Sumenep A Busyro Karim, Kamis menjelaskan, saat ini dan pada masa mendatang, pengelolaan sampah harus menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan warga.

"Salah satu solusinya supaya semangat dan kepedulian warga atas pengelolaan sampah itu terwujud, memang perlu dibentuk bank sampah, supaya nantinya ada manfaat atau keuntungan ekonomi yang dirasakan dan diperoleh warga dalam mengelola sampah," ujarnya di Sumenep.

Hal itu dikatakan Busyro usai penyambutan secara resmi kedatangan Piala Adipura yang diraih Pemkab Sumenep pada tahun ini.

"Adipura yang diterima Sumenep pada tahun ini merupakan yang kelima kalinya. Namun, bukan berarti upaya menjaga kebersihan lingkungan, termasuk pengelolaan sampah, sudah final. Ini harus senantiasa dilakukan dan dipertahankan demi terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat" ucapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sedang menjajaki lembaga perbankan yang ada di Sumenep untuk membantu mewujudkan terbentuknya bank sampah.

"Kami akan fokus untuk mewujudkan bank sampah. Secara kelembagaan, kami sebenarnya sudah berkomunikasi untuk membicarakan hal itu dengan sejumlah pimpinan lembaga perbankan. Ini akan kami tindaklanjuti secara serius," paparnya.

Melalui bank sampah, sampah yang merupakan barang buangan itu bisa menjadi uang.

"Anak sekolah pun bisa mendapat uang dengan cara mengumpulkan sampah plastik atau yang bisa didaur-ulang dan selanjutnya diserahkan ke bank sampah. Untuk teknis operasionalnya, tentunya setelah bank sampah itu terbentuk," kata Busyro.
(DYT/C004)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga