Sabtu, 1 November 2014

Rita Subowo: Indonesia harus ubah "mind set"

| 3.738 Views
id olimpiade london, olimpian indonesia, komite olimpiade indonesia, rita subowo
Rita Subowo: Indonesia harus ubah
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo (FOTO ANTARA)
Sekarang hanya 17 atlet yang sudah pasti
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo mengimbau agar setiap insan olahraga di Indonesia mengubah "mind set" mereka bahwa olimpiade merupakan kompetisi olahraga tertinggi.

"Kita harus melihat bahwa kompetisi tertinggi dalam olahraga adalah olimpiade. Kita harus merubah mind set (pola pikir) agar bisa berprestasi di sana," kata Rita Subowo di Jakarta, Kamis.

Rita mengutarakan itu pada temu pers "Indonesia Menuju London 2012 Olympic Games" yang bertemakan "Menuju Kemenangan yang Terus Menyala" di Senayan, Jakarta, Kamis.

Ia prihatin dengan jumlah kontingen Indonesia yang akan diberangkatkan ke Olimpiade London 27 Juli-12 Agustus mendatang. Jumlah atlet yang dinyatakan lolos kualifikasi dan sudah didaftarkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) saat ini adalah 17 orang.

"Sekarang hanya 17 atlet yang sudah pasti. Memang masih ada beberapa dari cabang olahraga, seperti renang yang masih limit B. Tapi pada Olimpiade Beijing 2008 lalu, kita mengirimkan 24 atlet," ujar Rita.

"Jika dibandingkan dengan Thailand, untuk Olimpiade London ini mereka sudah meloloskan 33 atlet. Di SEA Games 2011 saja, kita boleh juara umum. Tapi untuk cabang olimpade, kita kalah oleh Thailand, Vietnam dan Malaysia," kata Rita menambahkan.

Thailand menguasai sembilan cabang olahraga olimpiade pada SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang. Vietnam dan Malaysia berada di atas Indonesia. Sementara Merah Putih hanya menjuarai beberapa cabang olahraga olimpiade saja seperti renang, balap sepeda, dan bulu tangkis.

"Untuk itu kita harus fokus pada cabang unggulan, mumpung masih ada waktu. Tentunya ini juga harus diiringi dengan adanya sarana yang baik, begitu juga pembiayaan yang berjangka panjang," harap Rita.

Ia juga menegaskan bahwa pembinaan olahraga harus sejalan dengan pendidikan. Ia berharap agar para atlet tetap mendapatkan pendidikan saat menjalani Pelatnas.

"Kalau sedang Pelatnas, mereka harus sekolah. Para atlet harus dibimbing dengan baik, jangan sampai tidak sekolah," ujar Rita.
(ant-329)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga