Korupsi, 9 pejabat senior Guinea dipecat

Jumat, 8 Juni 2012 07:35 WIB | 3757 Views

Conakry (ANTARA News) - Sembilan pejabat senior Kementerian Ekonomi Guinea dan Bank Sentral telah dipecat dari kantornya atas tuduhan korupsi.

Terdakwa dibawa ke pengadilan pada Rabu karena berusaha menggelapkan 1.350.000 uero, kata surat keputusan Presiden Alpha Conde, lapor Xinhua.

Setelah berpekan-pekan investigasi di bagian yang berbeda di Kementerian Ekonomi, Bank Sentral dan Departemen Keuangan, sembilan pejabat senior itu ditemukan menjadi penyebab utama korupsi sehingga merugikan pembayar pajak Guinea.

Pekan lalu, menteri ekonomi mengeluarkan pernyataan mengenai upaya penggelapan uang oleh jaringan individu di bagian-bagian yang berbeda di kementerian dan bank.

Penyelidikan yang dilakukan petugas kepolisian menyebabkan penangkapan lebih dari 10 tersangka.

Pembayaran voucher senilai 13 juta euro telah ditulis dengan tanda tangan palsu Menteri Ekonomi Kerfala Yansane untuk beberapa perusahaan yang memberikan layanan kepada lembaga tersebut.

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

AS: ada indikasi penggunaan senjata kimia di Suriah

AS: ada indikasi penggunaan senjata kimia di SuriahAmerika Serikat, Senin, mengatakan ada indikasi terjadinya serangan senjata kimia di Suriah bulan ini, yang mungkin ...

Temuan material di Australia Barat tak berkaitan dengan MH370

Temuan material di  Australia Barat tak berkaitan dengan MH370Biro Keamanan Transportasi Australia (ATSB) tak percaya barang yang ditemukan di satu pantai di South West, Australia ...

Dubes Rusia: Kesepakatan Jenewa ujian bagi pemerintah Ukraina

Dubes Rusia: Kesepakatan Jenewa ujian bagi pemerintah UkrainaDuta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Yurievich Galuzin menyatakan bahwa Kesepakatan Jenewa adalah ujian bagi ...