Jumat, 19 Desember 2014

Mantan juara dunia Margarito pensiun

| 8.255 Views
id petinju meksiko Antonio Margarito, mantan juara kelas welter dunia, pensiun,
Kendati saya masih memiliki keinginan untuk naik ring, tapi saya kira waktu saya untuk mundur sudah tiba."
Los Angeles (ANTARA News) - Petnju Meksiko Antonio Margarito, mantan juara kelas welter dunia yang dihukum 16 bulan karena ditemukan plaster di sarung tinjunya, mundur dari dunia tinju Kamis, setelah berkecimpung dalam olahraga pukul memukul itu selama 18 tahun.

Margarito (34) menjadi petinju ketiga dalam empat hari ini yang menyatakan mengundurkan diri, setelah Shane Mosley dan Winky Wright sebelumnya menyatakan mundur seperti diumumkan mereka dalam laman dan halaman FB-nya.

"Setelah berpikir lama dan membicarakannya dengan keluarga dan tim saya, kami memutuskan sudah tiba saatnya untuk gantung sarung tinju," kata Margarito, dikutip AFP.

"Saya sudah beberapa kali mengatakan kepada keluarga dan tim saya bahwa saya ingin mundur, ketika saya mulai merasa sudah susah berkompetisi pada level yang saya kira sudah susah saya raih," katanya.

"Kendati saya masih memiliki keinginan untuk naik ring, tapi saya kira waktu saya untuk mundur sudah tiba," katanya.

Margarito memenangi gelar kelas welter WBO pada 2002 kemudian memenangi delapan pertandingan berurutan pada kelas itu, sampai akhirnya ia kalah atas petinju Amerika, Paul Williams. pada 2007.

Margarito memenangi gelar kelas welter IBF pada 2008 dan meraih gelar kelas welter WBA pada 2009 dengan menghentikan perlawanan petinju tak terkalahkan dari Puerto Rico Miguel Cotto pada ronde ke-11.

Tapi sebelum ia melakukan pertandingan lainnya, plaster ditemukan pada tangannya sebelum melawan Mosley dan setelah benda itu dihulangkan, Margarito dihentikan pada ronde kesembilan.

Ia dihukum selama 16 bulan dan setelah itu ia menang lawan rekan senegaranya Roberto Garcia, kalah dua kali dan kalah angka atas petinju Filipina Manny Pacquiao pada 2010 dan dihentikan Desember lalu setelah main 10 ronde lawan Cotto karena luka pada mata sebelah kanan petinju Meksiko itu.

"Saya meninggalkan luka-luka, sembab dan keringat, tapi saya tidak meninggalkan kecintaan saya pada olahraga itu," kata Margarito, dengan menambahkan, "Saya akan tetap meneruskan kiprah saya di tinju tapi dalam bentuk lain."

(A008/A011)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga