Senin, 15 September 2014

Terumbu karang laut Pesisir Selatan butuh rehabilitasi

Jumat, 8 Juni 2012 16:19 WIB | 6.222 Views
Terumbu karang laut Pesisir Selatan butuh rehabilitasi
Kerusakan terumbu karang akan mengganggu keberlangsungan kehidupan ekosistem laut, termasuk kehidupan sumber daya hayati di dalamnya.(ANTARA/Rosa Panggabean)
Painan, Sumatera Barat (ANTARA News) - Terumbu karang di wilayah laut Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sebagian besar sudah rusak, membutuhkan rehabilitasi.

Menurut Kepala Seksi Pelestarian Pengelolaan Pesisir, Dinas Kelautan dan Perikanan Pesisir Selatan, Dini Rahma Syahputra, 80 persen terumbu karang di wilayah laut kabupaten yang luasnya 1278,18 hektare sudah rusak.

"Rehabilitasi terumbu karang kabupaten ini harus segera dilakukan karena kerusakannya sudah semakin parah dan terus bertambah, " katanya di Painan, Jumat.

Kerusakan terumbu karang di wilayah laut Pesisir Selatan, menurut dia, utamanya terjadi akibat kegiatan penangkapan ikan menggunakan racun dan peledak.

"Bencana alam juga salah satu penyebab rusaknya terumbu karang di laut kabupaten ini, namun kapasitas kerusakannya masih kecil dibanding ulah tangan manusia yang melakukan penangkapan ikan dengan cara merusak lingkungan bawah laut, " katanya.

Ia menjelaskan, sampai sekarang pemerintah belum pernah mengalokasikan dana untuk memperbaiki kawasan terumbu karang yang rusak sehingga pembiayaan untuk upaya perbaikan terumbu karang hanya mengandalkan bantuan dana dari pusat.
(KR-AGP)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga