Kamis, 18 Desember 2014

Etape V menjadi milik pebalap Uzbekistan

| 3.831 Views
id Tour de Singkarak 2012, etape lima,

Solok (ANTARA News) - Hamid Shirisisan menjuarai etape lima Tour de Singkarak (TDS) 2012 setelah menjadi yang tercepat dari Padang Panjang-Danau Atas Bawah dan finis di Danau Singkarak, Solok, Jumat.

Pebalap Uzbekistan Suren Team itu mampu membukukan catatan waktu 3.46.54 disusul Pujol Munoz Oscar dari Azad University Team dengan catatan waktu yang sama.

Diposisi tiga direbut oleh Petrus Woestenberg dari Global Cycling Team dengan waktu 3.48.39, sedangkan pebalap Indonesia terbaik direbut oleh Dadi Suryadi dari Putra Perjuangan Bandung dengan catatan waktu 3.48.45.

Setelah dilepas di Padang Panjang dengan kondisi cuaca hujan, semua pebalap langsung mengayuh sepedanya dengan cepat. Lintasan yang didominasi dengan turunan menjadi sasaran empuk bagi semua pebalap.

Hanya saja, kondisi jalan yang cukup licin membuat kecepatan balapan kurang maksimal. Dampaknya satu pebalap dari Aisan Racing Team, Takeaki Ayabe harus mendapatkan perawatan dari tim medis karena terjatuh dan tidak bisa melanjutkan perlombaan.

Hujan mulai reda setelah rombongan masuk wilayah Danau Singkarak. Rombonganpun mulai terpecah. Sang juarapun mulai masuk pebalap terdepan termasuk saat melalui titik sprint di KM 52,5. Dititik ini Celis Zabala Vidal dari Azad University menjadi yang tercepat disusul Edmund Hollands dari Eddy Hollands dan posisi tiga Hamid Shirisisan dari Uzbekistan Suren Team.

Setelah sprint semua pebalap langsung dihadapkan dengan tanjakan yang panjang. Disinilah Pujol Munoz Oscar dari Azad University Team mulai mengejar ketertinggalannya dari pebalap terdepan. Pada titik King of Mountaint (KOM) di KM 74, Hamid Shirisisan dari Uzbekistan Suren manjdi yang tercepat disusul Julien Liponne dari Riene Blanche dan posisi tiga Blake Hose dari Genesys Wealth Advisers.

Usai KOM, persaingan kembali sengit setelah ada turunan yang panjang. Lagi-lagi Hamid Shirisisan menjadi yang tercepat pada titik sprint KM 134 di depan Kantor Walikota Solok disusul Pujol Munoz Oscar dari Azad University dan posisi tiga Jai Crawford dari Genesys Wealth Advisers.

Sukses melewati sprint, dua pebalap yaitu Hamid Shirisisan dan Pujol Munoz Oscar terus bersaing dan meninggalkan lawannya. Lewat upaya yang keras akhirnya Hamid Shirisisan menjadi yang tercepat dalam mencapai titik finis di Danau Singkarak.

"Sebelumnya saya tertinggal cukup jauh dengan rombongan terdepan. Tapi setelah masuk tanjakan saya mulai bisa mengejar," kata pebalap Azad University, Pujol Munoz Oscar usai perlombaan.

Menurut dia, tanjakan yang ada cukup mudah dialui sehingga membuat dirinya masuk rombongan terdepan. Namun, setelah KOM jalanan rolling sehingga dirinya harus lebih berhati-hati dalam mengayuh sepedanya hingga finis.

Usai etape V, semua pebalap akan menjalani Tour de Singkarak 2012 etape enam dari Padang Pariaman menuju Painan, Sabtu (9/6) dengan jarak tempuh 143,9 km.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga