Jakarta (ANTARA News) - Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka Pekan Raya Jakarta (PRJ) ke-45 yang berlangsung mulai 14 Juni hingga 15 Juli 2012.

"Kegiatan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Ke-485 Kota Jakarta itu akan diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono," ujar Managing Editor PT Jakarta International Expo Prajna Murdaya dalam jumpa pers di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Pekan Raya Jakarta (PRJ) pada tahun ini, kata dia, mengambil tema "Majulah Jakarta" dan subtema "Dengan Majunya Jakarta Kita, maka Akan Maju Pula Seluruh Wilayah Indonesia".

Dalam pameran rutin yang dihelat di Ibu Kota Indonesia ini akan diikuti sebanyak 2.650 perusahaan. Adapun target pengunjung, lebih dari empat juta orang dengan target transaksi lebih dari Rp4 triliun.

"Target pengunjung tersebut, kata Prajna, pada penyelenggaraan PRJ 2011 tercatat sebanyak 4,1 juta orang dengan jumlah transaksi sebesar," Rp3,7 triliun," katanya.

"Berdasarkan data pengunjung dan transaksi yang meningkat setiap tahun, menunjukkan bahwa Jakarta Fair telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan demikian, Kota Jakarta memiliki potensi ekonomi yang sangat besar," tuturnya.

Aneka ragam produk yang akan dipamerkan, kata dia, antara lain produk hasil industri kecil, menengah, dan koperasi.

"Ada pula beraneka ragam produk industri besar, di antaranya otomotif, komputer, elektronik, dan furnitur," katanya menjelaskan.

Prajna mengatakan bahwa pihak penyelenggara Jakarta Fair tidak akan menaikkan harga tiket masuk bagi pengunjung pada tahun 2012.

"Kami akan terus meningkatkan pelayanan dan keamanan di areal PRJ sehingga pengunjung bisa aman dan nyaman," katanya.
(ANT-306/D007)