Jumat, 22 Agustus 2014

Menparekraf: IDF ajang seniman muda unjuk gigi

Sabtu, 9 Juni 2012 07:20 WIB | 2.999 Views
Menparekraf: IDF ajang seniman muda unjuk gigi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan Indonesian Dance Festival (IDF) 2012 merupakan ajang bagi para seniman muda untuk memamerkan karya-karyanya.

"Penyelenggaraan IDF 2012 ini adalah wadah eksperimen para seniman muda untuk mengenalkan karya-karyanya, yang kemudian kita kenal mereka saat ini, sebagai seniman terpenting di negaranya," kata Mari dalam acara jumpa pers di Gedung Kesenian Jakarta, Jumat malam (8/6).

Menurut Mari, IDF bukan hanya sebuah peristiwa kesenian, tetapi juga merupakan modal kebudayaan yang memungkinkan berbagai pihak untuk belajar dan berbagi pengalaman.

"Acara ini memberikan kesempatan bagi para seniman dan penyelenggara untuk memperluas jaringan, bagi para pengamat untuk mengasah pemahaman, serta bagi para penonton untuk memperdalam selera estetiknya," kata Mari.

Mari mengungkapkan perhelatan dua tahunan yang sudah digelar selama sebelas kali itu merupakan ikon seni para insan kreatif dunia, sekaligus menjadikan Indonesia sebagai peta penting dalam tari kontemporer dunia.

"Konsistensi penyelenggaraan ini menumbuhkan kepercayaan dan daya tahan dari para seniman, penyelenggara dan penonton. Konsistensi adalah dasar dari terbentuknya masyarakat kreatif," ujar Mari.

Mari berharap IDF ke-11 itu bermanfaat untuk meningkatkan kolaborasi dan kerja sama, serta jejaring, baik antar daerah di Indonesia maupun antar negara di dunia.

Malam itu, Mari juga sempat menikmati pertunjukan tari kolaborasi tiga negara, yaitu Jerman, Belgia dan Kamboja yang disuguhkan oleh koreografer asal Jerman Arco Renz.

"Saya sangat mengapresiasi pertunjukan karya Arco Renz tadi. Dia mampu menggabungkan dan mengembangkan dua jenis tari, yaitu tari tradisional dan kontemporer," ungkap Mari.

Mari meyakini dengan semangat dan konsistensi yang tinggi, seniman-seniman muda Indonesia juga mampu menghasilkan karya-karya yang tidak kalah mengagumkan dengan para seniman dunia. (T.R027)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga