Selasa, 29 Juli 2014

Sekjen PBB kutuk pembunuhan penjaga perdamaian di Pantai Gading

Sabtu, 9 Juni 2012 10:31 WIB | 4.565 Views
PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon Jumat mengutuk keras penyergapan di baratdaya Pantai Gading yang menewaskan tujuh penjaga perdamaian dalam Operasi PBB di Pantai Gading (UNOCI).

"Saya baru saja diberitahu bahwa kita telah kehilangan tujuh penjaga perdamaian dari Niger dalam serangan di baratdaya Pantai Gading. Saya sedih dan marah," kata Ban kepada wartawan di sini.

"Para prajurit berani mati dalam menjalankan tugas perdamaian. Saya mengutuk serangan ini dalam istilah yang paling keras," katanya menegaskan.

Tujuh penjaga perdamaian tersebut adalah bagian dari patroli yang berada di misi selatan lokalitas Tai, kata siaran berita yang dikeluarkan oleh UNOCI.

Lokasi tersebut adalah zona tempat UNOCI baru-baru ini memperkuat kehadirannya karena ancaman serangan terhadap penduduk sipil.

Ban menyerukan kepada pemerintah Pantai Gading untuk melakukan yang terbaik untuk mengidentifikasi pelaku dan menahan mereka yang bertanggung jawab atas serangan mematikan itu.

"Saya memahami bahwa rekan-rekan mereka masih dalam bahaya. Bahkan malam ini. setelah serangan itu, lebih dari 40 penjaga perdamaian tetap dengan penduduk desa di daerah terpencil untuk melindungi mereka dari kelompok bersenjata," kata Ban.
(H-AK)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga