Jakarta (ANTARA News) - Dua atlet cabang berkuda Indonesia pada SEA Games 2011, Dennis Christian Sanjaya dan Ferry Wahyu Hadianto, menerima "Equinara Award" di Arthayasa Stable, Depok, Sabtu.

Dennis menerima penghargaan kategori U-26 Indonesian Top Rider Award, sedangkan Ferry merebut penghargaan Indonesian Rising Star Award.

Penghargaan Indonesian Rising Star Award diberikan kepada atlet U-26 yang berprestasi di kelas 140 cm (show jumping), free style (dressage) atau eventing. Sedangkan Indonesian Top Rider Award untuk atlet U-26 yang berprestasi di kelas 125 cm (show jumping), Prix St George (dressage) atau eventing.

"Sebagai penerima penghargaan mereka berhak mendapat dana pembinaan sebesar Rp2 juta per bulan selama satu tahun untuk setiap atlet," kata panitia Equinara Award, Adinda Yuanita, Sabtu.

Penghargaan untuk dua atlet berkuda yang turut mengharumkan nama bangsa melalui prestasi mereka meraih medali di ajang internasional itu, diserahkan oleh Menpora Andi Mallarangeng yang sakaligus juga membuka Menpora Cup FEI World Cup Jumping, SEA League - Q3 pada Sabtu di Arthayasa Stable, Depok. Menpora Cup berlangsung 9--10 Juni.

Dalam sambutannya pada pembukaan Menpora Cup itu, Andi Mallarangeng mengatakan bahwa pemerintah sangat bangga terhadap cabang equestrian yang telah mampu menyumbangkan medali emas pada SEA Games tahun lalu di Indonesia.

"Kebanyakan orang tidak tahu bahwa ada equestrian yang menjadi olahraga berkuda yang dipertandingkan sampai tingkat Olimpiade, dan equestrian telah membuktikan bisa menang di SEA Games," katanya.

"Target Indonesia selanjutnya, cabang berkuda bisa menang di Asian Games 2014 yang nanti akan berlangsung di Korsel, sebelum Indonesia mampu menembus kualifikasi ke olimpiade," tambahnya.

Sementara itu, menurut Sekjen Equestrian Federation Indonesia (EFI) Rafiq Hakim Radinal, Menpora Cup ini juga sebagai ajang atlet untuk mengumpulkan poin peringkat dunia.

"Dari event seperti ini, atlet bisa mendapatkan poin untuk masuk peringkat dunia, dan selanjutnya akan diperbolehkan untuk masuk tingkat olimpiade," katanya.

(A020/D007)