Jumat, 24 Oktober 2014

Fauzi Bowo baca pantun di Festival Palang Pintu

| 3.539 Views
id festival palang pintu, festival kemang, budaya betawi
Jangan nanti palang pintu, pantunnya pake bahasa Inggris
Jakarta (ANTARA News) - “Hari ini nggak ada pidato. Gubernur baca pantun,” kata Gubernur Fauzi Bowo dengan lantang di suatu siang.

Hari itu, Sabtu 10 Juni, Gubenur DKI Fauzi Bowo hadir di  Festival Palang Pintu VII Kemang Raya. Dia mengenakan pakaian khas Betawi baju koko dan kopiah hitam.  

“Buaya mencari makan, melata di waktu pagi. Budaya harus dipertahankan, kalau bukan kita siapa lagi,” katanya lantang membaca salah satu bagian buku "999 Pantun Betawi".

Buku itu ditulis Zahrudin Al Batawi dari padepokan Seni dan Budaya Manggar Kelapa Kemang.

Foke, panggilan akrab Fauzi, juga  membacakan beberapa pantun lainnya. Dia menandatangi buku tersebut dan berjanji akan membeli 1.000 eksemplar.

“Banyak sekali warga asing di Kemang. Tadi saya tanya ada yang dari Norway (Norwegia),” katanya. "Tahu di mana Norway? Sebelahnya Cibinong,” kelakar Fauzi Bowo.

Menurut Fauzi Bowo, Festival Palang Pintu bisa menjadi festival yang bernuansa internasional karena daya tarik Kemang.

Meski begitu, ia ingin festival tahunan yang sudah terselenggara sejak beberapa tahun tersebut tidak kehilangan ciri khasnya.

“Ini tetap festival budaya Betawinya orang Kemang. Jangan nanti palang pintu, pantunnya pake bahasa Inggris,” katanya.

Festival itu beberapa jam sebelumnya dibuka Walikota Jakarta Selatan Anas Effendi.

 Festival Palang Pintu VII yang diadakan di Jalan Kemang Raya dalam rangka menyambut ulang tahun kota Jakarta yang ke 485.

Dalam Anas  Effendi menjadi pihak dari pengantin pria. Diiringi arak2an rebana ketimpring, rombongan Anas Effendi menuju depan panggung utama yang didirikan di depan gerai 711 Kemang Raya. Hanya juru bicara dari kedua belah pihak yang berdialog dan berbalas pantun.

Masing-masing pihak mengirimkan jawaranya untuk beradu silat. Pesilat pihak perempuan akhirnya bisa dikalahkan jagoan dari pihak pria. Setelah itu, pengantin pria diizinkan masuk.Festival Palang Pintu VII dibuka secara resmi setelah sambutan dari Anas Effendi.

“Dengan membaca bismillahirrahmanirrahim Festival Palang Pintu VII resmi dibuka,” katanya sebelum menabuh rebana beberapa kali, tanda festival diresmikan.
(nta)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga