Miami (ANTARA News/Reuters) - Klub basket Miami Heat berhasil merebut satu tiket ke final NBA untuk tahun keduanya secara berturut-turut dengan meraih kemenangan 101-88 atas Boston Celtics pada pertandingan terakhir dari seri best-of-seven final Wilayah Timur Amerika Serikat (AS) Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Heat, yang menghindari tersingkir dari babak playoff pada pertandingan tandang terakhir mereka, kembali ke kandang mereka untuk memetik kemenangan 4-3 dari rangkaian tujuh pertandingan final wilayah, dan sekaligus menjadi juara Wilayah Timur.

Kedua tim tersebut memasuki kuarter akhir dengan persaingan sangat ketat tetapi Miami, dengan tiga pemain andalan mereka yang dijuluki Big Three, mencetak 31 poin penutup dan meninggalkan Celtics 18-6 pada sisa waktu delapan menit menjelang pertandingan berakhir.

LeBron James memimpin Miami dengan 31 angka yang merupakan poin tertinggi dalam pertandingan sementara rekan satu timnya, Dwyane Wade serta Chris Bosh masing-masing berturut-turut mencetak 23 dan 19 poin.

Rajon Rondo memimpin Boston dengan 22 poin dan 14 assist. Paul

Pierce menambahkan dengan 19 angka dan Brandon Bass, yang di paruh pertama membuat Celtics unggul 11 poin, melesakkan 16 angka.

Bosh turun dari bangku cadangan untuk memainkan satu peranan penting, terutama di paruh kedua. Tembakan tiga-angka pemain yang tujuh kali terpilih jadi pemain All-Star itu, dan dilengkapi dengan dua tembakan James, menjadi sangat penting bagi Heat untuk mengejar tujuh poin sehingga tim tuan rumah itu unggul 88-82.

Boston hanya bisa menambah empat poin dan kemudian tidak pernah bisa mengejar lagi ketertinggalannya.

Laga Final NBA akan dimulai 12 Juni 2012 saat Miami berkunjung ke kandang sang juara Wilayah Barat, Oklahoma City Thunder.
(Uu.A016/A011)