Sabtu, 1 November 2014

Menkam Kenya tewas dalam kecelakaan helikopter

| 4.964 Views
id kecelakaan helikopter, George Saitoti, Menteri Kenya
Menkam Kenya tewas dalam kecelakaan helikopter
George Saitoti. (Reuters document)
Saitobi adalah mantan wakil presiden saat Presiden Daniel Arap Moi memerintah Kenya.
Nairobi (ANTARA News/Reuters) - Menteri Keamanan Kenya, George Saitoti, dan wakilnya tewas ketika helikopter polisi yang ditumpangi mereka jatuh di hutan persis dekat ibu kota Nairobi, kata pemerintah setempat, Ahad.

Juru bicara Perdana Menteri (PM), Raila Odinga, mengatakan bahwa sang kepala pemerintahan terkejut saat diberitahu tentang tewasnya Saitoti dan wakilnya, Orwa Ojode.

Saitoti adalah mantan wakil presiden saat Presiden Daniel Arap Moi memerintah Kenya. Ia juga kandidat presiden dalam pemilu yang menurut rencana akan diselenggarakan Maret 2013.

Seorang juru foto Reuters melaporkan, ada tiga jenazah di lokasi jatuhnya pesawat itu di satu hutan di daerah Ngong, dekat Nairobi.

Reruntuhan helikopter polisi berwarna biru itu terpencar di semak-semak, di mana para pejabat pemerintah dan penduduk lokal berdesak-desakan untuk melihat mayat-mayat para korban.

Tidak segera ada penjelasan apa penyebab pesawat itu jatuh, namun diperkirakan lebih banyak penumpang dikhawatirkan berada di helikopter itu.

Saitoti adalah dekat sekutu Presiden Mwai Kibaki, yang memimpin pemerintah menentang gerilyawan Somalia Al Shabaab. Ia sering mengunjungi lokasi-lokasi serangan granat di Kenya, dan berikrar negara Afrika timur itu akan menumpas kelompok itu.

Pasukan Kenya memerangi Al Shabaab di Somalia sejak Oktober 2011. Para gerilyawa itu telah menewaskan beberapa orang dalam serangkaian serangan granat di Nairobi, jauh di utara dan dan pantai untuk membalas tindakan-tindakan Kenya terhadap mereka.
(Uu.H-RN/B002)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga