Minggu, 26 Oktober 2014

Pemilu Libya ditunda

| 4.691 Views
id pemilu libya, pemungutan suara libya, NTC, Muammar Gaddafi
Pemilu Libya ditunda
Para tokoh senior bertemu di Zawiyah, akhir tahun lalu untuk rekonsiliasi nasional sebelum kemudian mereka menggelar pemilu. (REUTERS/Ismail Zetouny)
Tripoli (ANTARA News) - Libya menunda pemilihan umum majelis konstituante yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada 19 Juni menjadi 7 Juli.

"Tanggal pemilihan umum adalah 7 Juli," kata ketua komisi pemilu Nuri al-Abbar pada jumpa pers di Tripoli seraya menyebut alasan logistik dan teknis seperti dikutip AFP.

Menurut Abbar, pemungutan suara diundur karena tertundanya pengesahan sebuah undang-undang soal pemilihan umum, dan untuk memberi pemilih waktu lebih banyak dalam mendaftarkan diri dan memungkinkan para calon mengajukan banding atas putusan tersebut.

Pemilu itu akan menjadi pesta demokrasi pertama bagi Libya setelah pemerintahan empat dasawarsa pimpinan mendiang Muamar Gaddafi.

Seorang anggota komisi mengisyaratkan pemilu akan diadakan pada 10 Juli, sedangkan seorang anggota lain komisi pemilu itu penundaan dilakukan setelah pembahasan dengan para pejabat PBB yang bekerja dengan komisi tersebut.

Lebih dari 2,7 juta orang Libya atau sekitar 80 persen pemilih yang memenuhi syarat, telah mendaftarkan diri untuk memberikan suara dalam pemilu itu.

Puluhan partai politik dibentuk pada bulan-bulan menjelang pemilu. Pada 3 Juni, komisi itu memerintahkan 4.000 calon yang berharap mengikuti pemilu tidak melakukan kampanye sebelum tanggal diumumkan.

Dewan Transisi Nasional (NTC) yang memelopori pemberontakan terhadap pemerintah Gaddafi tahun lalu menginisiatif pemilu ini.(*)

(M014)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga