Jumat, 31 Oktober 2014

Unpad turunkan biaya masuk jalur mandiri

| 13.108 Views
id SNMPTN, seleksi masuk perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri, ujian masuk perguruan tinggi
Unpad turunkan biaya masuk jalur mandiri
Ribuan calon mahasiswa di Makassar mempersiapkan diri mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan mengikuti uji coba menyelesaikan soal-soal ujian seleksi. (ANTARA/Dewi Fajriyani)
Bandung (ANTARA News) - Universitas Padjadjaran (Unpad) menurunkan biaya Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (SMUP) jalur mandiri bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013.

Usai memberikan pengarahan kepada orang tua calon mahasiswa jalur undangan di Kampus Unpad, Bandung, Senin, Rektor Unpad Ganjar Kurnia mengatakan penuruan biaya masuk dilakukan merata di seluruh program studi dengan besaran yang berbeda-beda.

"Ini dilakukan untuk meningkatkan aksesbilitas terhadap SMUP, supaya lebih ramah sosial," ujarnya.

Ganjar menyebutkan biaya SMUP untuk Fakultas Kedokteran yang tadinya Rp177 juta turun menjadi Rp95 juta, Fakultas Hukum turun dari Rp42 juta menjadi Rp30 juta dan Fakultas Komunikasi yang sebelumnya  Rp47 juta berkurang menjadi Rp35 juta.

Biaya SMUP Fakultas ekonomi pun menurun dari rata-rata Rp40 juta-Rp50 juta menjadi sekitar Rp30 juta untuk setiap program studi, dan Fakultas Sejarah dan Satra turun dari Rp12 juta menjadi Rp8 juta.

Penurunan biaya SMUP itu, lanjut dia, juga dilakukan pada program studi yang dinilai strategis seperti Fakultas Peternakan dari Rp12 juta menjadi Rp8 juta dan Fakultas Agrobisnis dari Rp20 juta menjadi Rp15 juta.

Meski terjadi penurunan biaya masuk, Ganjar menjelaskan, Unpad tidak menambah kuota penerimaan mahasiswa baru dari jalur SMUP. Kebijakan penurunan biaya masuk itu, lanjut dia, tidak dilakukan karena jalur SMUP kurang diminati.

"Yang penting bagaimana meningkatkan aksesbilitas. Patokan kami jalur SMUP tetap tidak boleh melebihi 40 persen dari total kuota Unpad untuk mahasiswa baru," ujarnya.

Ganjar mengatakan Unpad mendapat kompensasi tambahan anggaran dari pemerintah untuk penurunan biaya masuk SMUP. Pada 2012, menurut dia, kompensasi anggaran itu mencapai Rp66,6 miliar.

Pada 2012, kuota mahasiswa baru Unpad mencapai 3.900 orang yang masuk melalui jalur undangan, tes tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SMUP, dan bidik misi.
(D013)



Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga