Sabtu, 1 November 2014

Peneliti: tak pernah terlambat untuk berhenti merokok

| 4.190 Views
id program berhenti merokok, efek rokok, dampak rokok, masalah merokok, risiko kematian akibat rokok, risiko kesehatan rokok
Peneliti: tak pernah terlambat untuk berhenti merokok
Menurut hasil studi para dokter di Inggris, orang yang berhenti merokok sebelum usia 40 tahun akan punya risiko kematian sama dengan mereka yang tidak merokok. (Istimewa)
Berhenti merokok bermanfaat pada semua usia, khususnya jika orang berhenti merokok sebelum terserang penyakit.
Jakarta (ANTARA News) - Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa berapapun usianya, mantan perokok bisa hidup lebih lama dibanding orang yang tidak berhasil menyingkirkan kebiasaan mengisap rokok.

Menurut laporan peneliti Jerman dalam Archives of Internal Medicine yang dikutip Kantor Berita Reuters, program berhenti merokok punya efek preventif bahkan pada perokok berusia 60 tahun atau lebih sekalipun.

Para peneliti menyatakan hal itu masuk akal karena bahan kimia dalam tembakau yang diketahui menyebabkan kerusakan sel akan membuat orang yang lebih banyak merokok berumur lebih pendek dibandingkan mereka yang tidak merokok.

"Karena itu orang tua yang merokok sepanjang hidup tanpa konsekuensi kesehatan negatif pun harus didorong dan didukung untuk berhenti merokok," kata Hermann Brenner dari Pusat Riset Kanker Jerman di Heidelberg yang memimpin penelitian itu.

Prabhat Jha, peneliti masalah merokok dari Rumah Sakit St. Michael di Toronto, juga merujuk pada hasil penelitian di Inggris yang menemukan bahwa 59 persen orang yang tidak merokok masih hidup pada usia 80 tahun sementara pada kelompok perokok hanya ada 26 persen yang hidup sampai usia itu.

Dalam komentar pada hasil analisis peneliti Jerman, Tai Hing Lam dari University of Hong Kong mengatakan kebanyakan perokok menganggap enteng risiko kematian akibat rokok dan meremehkan manfaat berhenti merokok.

"Banyak perokok yang sudah tua yang menganggap mereka terlalu tua untuk berhenti merokok atau terlalu tua untuk mendapat manfaat dari berhenti merokok," kata Jha yang mengepalai Pusat Riset Kesehatan di St. Michael's.

Padahal, menurut dia, berhenti merokok tetap memberikan manfaat pada semua usia. "Berhenti merokok bermanfaat pada semua usia, khususnya jika orang berhenti merokok sebelum terserang penyakit," katanya.
(*)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga