Jakarta (ANTARA News) - PT. Panasonic Gobel Indonesia kembali meluncurkan kamera digital Lumix FT 4 yang dapat mengambil gambar di bawah permukaan laut atau air hingga 20 meter.

Sebelumnya Panasonic pernah meluncurkan kamera anti air Lumix FT 20 tapi hanya dapat bertahan di kedalaman 5 meter di bawah permukaan laut atau air.

Tak hanya air, kamera itu juga tahan debu dan banting dari ketinggian dua meter bahkan titik beku minus 10 derajat celcius.

Hal itu karena kamera menggunakan padding dari karet, reinforced glass dan karbon resin. Kamera itu sangat cocok untuk aktivitas outdoor dan para petualangan.

Kamera itu juga dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS), kompas, altimeter dan barometer.

"Ini adalah seri kamera paling tangguh yang dimiliki Panasonic, sangat cocok untuk daerah-daerah ekstrem seperti memanjat tebing dan menyelam," kata Network Product Supervisor Imaging Product Marketing Development PT. Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandin dalam konferensi pers Panasonic di Jakarta pada Selasa (12/6).

FT 20 memiliki kualitas gambar yang tinggi dengan lensa Leica DC VARIO-Elmar, 12,1 mp Hi-Speed sensor CCD dan pengelolaan gambar dengan LSI Venus Engine.

Rekaman full HD video 1.920 x 1.080 dalam AVCD/MP4 bahkan pengguna bisa merekam hingga 12 jam dengan pengaturan interval 1 menit - 30 menit.

"Kekuatan kamera Leica sudah tidak diragukan lagi dan Panasonic banyak belajar dari Leica," kata Manager Network Dept. PT. Panasonic Gobel Indonesia Dharma Parayana.

Panasonic juga menyertakan fitur Panasonic iA (Intelligent Auto) untuk mengambil foto yang indah secara otomatis tanpa harus mengatur setiap perubahan waktu dan kondisi.

Kamera yang dijual dari Rp. 4.5 juta - Rp. 5 juta itu memiliki empat pilihan warna yaitu perak, hitam, jingga dan biru.

(adm)