Sabtu, 25 Oktober 2014

Bazar Amal KBRI Spanyol diselingi nonton bareng

| 4.447 Views
id bazar amal kbri madrid, spanyol, nonton bareng
London (ANTARA Newsa) - Deman sepakbola dan nonton bareng (nobar) gaya Indonesia mewarnai acara Bazar Benefico (Bazar Amal) 2012 yang digelar KBRI yang dihadiri sekitar 2.500 orang masyarakat Indonesia dan Spanyol yang berbaur di halaman gedung KBRI Madrid akhir pekan.

Begitu pun krisis yang melanda Spanyol tidak mengurangi minat masyarakat Spanyol untuk menghadiri bazaar amal , ujar Counsellor KBRI Madrid Theodorus Satrio Nugroho kepada ANTARA London, Selasa.

Dikatakannya KBRI Madrid, kegiatan promosi Indonesia dalam bentuk bazar selama dua hari akhir pekan itu dikunjungi sekitar 2.500 orang yang melebihi tahun lalu, di mana yang hadir 1.950 orang.

Dubes Adiyatwidi Adiwoso A, menyampaikan bahwa bazar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Indonesian Festival yang dimulai sejak minggu ketiga bulan Mei hingga minggu pertama Juli mendatang.

Diharapkan melalui bazar masyarakat Spanyol akan semakin mengenal Indonesia melalui promosi tarian, musik, makanan dan berbagai produk Indonesia.

Selain itu masyarakat Spanyol juga secara langsung dapat membantu beasiswa bagi murid SD di berbagai kota di Indonesia yang pada tahun lalu terkumpul uang sebesar 11.700 Euros yang telah disalurkan ke 10 yayasan pendidikan di Meulaboh, Padang, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Bogor dan Flores.

Dubes Adiyatwidi juga menyampaikan bahwa tema bazar kali ini adalah: Vuelta a la Naturaleza (Back to Nature) di mana Pemerintah Indonesia juga mendukung gerakan pelestarian lingkungan hidup dan Pembangunan Berkelanjutan (Desarrollo Sostenible)

Selain pentas tari dan permainan gamelan Caraka Laras, berbagai suguhan makanan khas Indonesia, bazar kali ini juga menampilkan lomba mengucapkan kalimat Indonesia (diikuti oleh 10 warga Spanyol), serta peresmian Tetada (Terapi Tenaga Dalam) Cabang Madrid yang dilakukan oleh Guru Besar Tetada Indonesia, Ir. Eddy Surohadi dan Ketua Tetada Indonesia, dr. Ida Surohadi Sp.KK.

Sebelum peresmian dilakukan demonstrasi pengolahan energi dengan mengangkat orang dengan koran dan memecahkan botol dengan tangan kosong. Saat ini terdapat 20 anggota Tetada di mana 10 orang merupakan warga negara Spanyol.

Berbagai kesan positif disampaikan para pengunjung seperti yang suasana hiburan, persahabatan dirasakan dapat melupakan sejenak atas krisis ekonomi, sekaligus memupuk sikap optimis bahwa krisis akan dapat diatasi.

Bahkan mereka terkesan akan inisiatif panitia untuk menyediakan TV layar lebar di area bazar untuk menyasikan langsung pertandingan final putera tenis Roland Garros antara Nadal (Spanyol) versus Djokovic. Nobar (nonton bareng) dilanjutkan dengan pertandingan sepakbola Piala Eropa antara Spanyol versus Italia.

(ZG)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga