Surabaya (ANTARA News) - Cukup langka peristiwa ini, sekawanan monyet liar tiba-tiba menyerang kantor instansi pemerintahan di Surabaya, Selasa. Walau tidak sampai merusak namun kawanan monyet yang "beranjangsana" ke kantor itu bikin resah karyawan setempat.

Namanya saja monyet, mereka dilaporkan sangat lincah dan gesit. Loncat sana loncat sini, dicegat di situ, eeehh langsung pindah lagi ke plafon kantor di ketinggian! Lima petugas dikerahkan tapi hasilnya sudah bisa diramalkan: kalah gesit dan cepat ketimbang monyet-monyet itu.

Sekretaris Dinas Pertanian Kota Surabaya, Hari Tjahjono, mengatakan, hingga kini diketahui baru ada empat monyet yang menyerang kantor Bappeko Surabaya. Satu monyet sial, loncat ke gardu listrik di tiang listrik dekat kantor itu dan... kontan tersambar listrik sampai tewas.

"Kami masih mencoba menangkapnya, tapi susah karena diperkirakan monyet itu sembunyi di atas pfalon, sedangkan di dalam gelap sekali," katanya.

Mereka mengaku tidak paham benar jenis monyet-monyet yang menyatroni kantor penting Kota Surabaya selama dua hari terakhir itu. Gedung kantor Bappeko Surabaya berlantai tiga dan diduga lantai paling atas menjadi "sekretariat bersama" monyet-monyet itu.

"Munculnya dari mana kami juga tidak tahu," kata seorang karyawan di instansi itu.

(A052/M026)