Kamis, 23 Oktober 2014

Lepas alat kelamin, laba-laba jantan peroleh kekuatan bertarung

| 4.584 Views
id proses inseminasi laba-laba, alat kelamin laba-laba, kekuatan laba-laba jantan, laba-laba jantan, Journal of Biology Letters
Jakarta (ANTARA News) - Laba-laba jantan mendapatkan kekuatan bertarung setelah melepaskan alat kelamin dalam proses inseminasi dengan laba-laba betina, demikian temuan para peneliti yang dipublikasi di Jurnal Biology Letters edisi 13 Juni.

Bobot laba-laba jantan berkurang dan mampu bertarung dengan pejantan lain untuk melindungi pasangan betinanya yang memiliki ukuran tubuh lebih besar.

Penelitian terhadap dampak pelepasan kelamin laba-laba jantan itu dilakukan oleh Qi Qi Lee dan Joelyn Oh dari Department of Biological Sciences, National University of Singapore; Simona Kralj-Fišer dari Slovenian Academy of Sciences and Arts, Ljubljana, Slovenia; Matjaž Kuntner dari National Museum of Natural History, Smithsonian Institution, Washington AS, dan Daiqin Li dari  College of Life Sciences, Hubei University, China.

"Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan laba-laba kasim (tanpa alat kelamin) merupakan petarung unggul, kami menjelaskan mekanisme yang memungkinkan laba-laba mendapatkan ketahanan besar," sebut para peneliti.

Meskipun 75 persen serangga dan laba-laba jantan yang melakukan proses perkawinan dimakan pasangannya, pejantan tetap meninggalkan bagian alat kelamin atau pulp di tubuh betina.

Sejumlah tipe laba-laba jantan dan serangga lain melakukan proses inseminasi berisiko, termasuk laba-laba Nephilengys malabarensis.

Jika para pejantan selamat dari kanibalisme betina, mereka akan berada di sekitar pasangannya untuk menjaga agar pejantan lain tidak mengeluarkan pulp dari tubuh betina dan menginseminasi ulang.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca