Selasa, 30 September 2014

Yudhoyono: ada parpol lain yang lebih korup

Kamis, 14 Juni 2012 03:19 WIB | 6.816 Views
Yudhoyono: ada parpol lain yang lebih korup
Susilo Bambang Yudhoyono (ANTARA/Yudhi Mahatma)
Saya harus menjelaskan data dan fakta dari sumber-sumber sah yang menyimpulkan masih ada partai politik lain yang kasus-kasus korupsinya lebih besar dari Partai Demokrat,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menilai masih ada partai politik lain yang lebih korup daripada Partai Demokrat.

"Akhir-akhir ini Partai Demokrat disorot kadernya terlibat korupsi. Pertanyaannya, apakah hanya Partai Demokrat yang kadernya terlibat korupsi? Kami harus menjawabnya secara tegas, tidak," kata Susilo Bambang Yudhoyono ketika memberikan sambutan pada acara "Silaturahim Para Tokoh Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat" di Jakarta, Rabu malam.

Acara tersebut dihadiri para pendiri dan deklarator, dewan pembina, dewan pimpinan pusat (DPP), serta para ketua dewan pimpinan daerah (DPD) Partai Demokrat dari seluruh Indonesia.

Namun, Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat yakni Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro Yudhoyono, tidak hadir.

Yudhoyono menilai, sorotan terhadap Partai Demokrat tidak adil karena ada kader dari partai politik lainnya yang terlbat korupsi dalam skala lebih besar.

"Saya harus menjelaskan data dan fakta dari sumber-sumber sah yang menyimpulkan masih ada partai politik lain yang kasus-kasus korupsinya lebih besar dari Partai Demokrat," katanya.

Ia menyatakan, dirinya memiliki data kasus korupsi yang dilakukan kader partai politik, mulai dari tingkat menteri, anggota DPRD provinsi, maupun anggota DPRD kabupaten dan kota.

Di jajaran DPRD provinsi pada periode 2004--2012, menurut dia, korupsi yang dilakukan oknum Partai Demokrat mencapai 3,9 persen.

"Di atas Partai Demokrat, masih ada empat partai politik lainnya yang persentasenya berturut-turut adalah 34,6 persen, 24,6 persen, 9,2 persen, dan 5,32 persen. Totalnya 75 persen," katanya.

Kemudian, korupsi di jajaran DPRD kabupaten/kota, menurut dia, oknum Partai Demokrat yang terlibat adalah 11,5 persen.

Di atas Partai Demokrat, kata Yudhoyono, ada dua partai politik lainnya dengan persentase masing-masing, 27 persen dan 14,4 persen.

Ia menambahkan, di tingkat menteri, anggota DPR RI, gubernur, hingga bupati/wali kota, kader Partai Demokrat yang terlibat korupsi sebanyak 8,6 persen. Di atas Partai Demokrat, masih ada dua partai politik lainnya masing-masing 33,7 persen dan 16,6 persen.

"Dengan data ini, adilkah kalau Partai Demokrat dicap sebagai partai korup?" tegas Yudhoyono.
(R024/M014)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga