Kamis, 21 Agustus 2014

Mahasiswa Indonesia raih penghargaan di Universitas UAE

Kamis, 14 Juni 2012 04:56 WIB | 5.165 Views
Jakarta (ANTARA News) - Dua mahasiswa Indonesia, Rahmi Mabruri dan Ferdy Fegafetta Hijriassa, menorehkan prestasi membanggakan meraih predikat "cum laude" dan masing-masing berhak atas cek sebesar AED 20.000 (Rp48 juta) yang diberikan Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Sheikh Khalifa.

Siaran pers KBRI Abu Dhabi yang diterima ANTARA News di Jakarta, Rabu, menyebutkan, kedua mahasiswa itu mengambil jurusan Keuangan di Universitas United Arab Emirat di Al Ain.

Pada Rabu (6/6) lalu kedua mahasiswa itu bersama 107 mahasiswa hadir dalam acara wisuda sekaligus menerima sertifikat dan penghargaan sebagai mahasiswa terbaik, dengan jumlah total yang diwisuda 828 mahasiswa.

Penganugerahan diserahkan langsung oleh Sheikh Mohammed Bin Rasyid Al Maktoum, Wakil Presiden UAE sekaligus perdana menteri UAE dan emir Dubai, dan disaksikan oleh Menteri Pendidikan UAE, putera mahkota dari beberapa emirat di UAE yaitu Ajman, Fujairah, Umm Al Quain, Ras Al Khaimah, rektor UAE University dan 43 duta besar asing di UAE, termasuk Dubes RI, Salman Al Farisi.

Selain Rahmi dan Ferdy, ada seorang mahasiswa Indonesia lain yang ikut diwisuda yaitu Juwakhid Hadi dari Fakultas Pemasaran. Ketiga mahasiswa ini merupakan putera-puteri Indonesia yang menempuh pendidikan sejak SMP hingga universitas dengan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah UAE.

Dalam catatan KBRI Abu Dhabi, saat ini terdapat dua mahasiswa Indonesia yang menempuh jenjang sarjana dan doktoral di Universitas UAE dengan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah UAE.

Sementara, untuk tingkat sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas terdapat tujuh siswa yang sedang menempuh pendidikan dengan beasiswa di "Islamic Boys Institute for Basic and Secondary" di Al Ain.

Sebanyak sembilan siswa Indonesia lulusan dari sekolah ini menjadi siswa terbaik sehingga berhasil mendapatkan beasiswa untuk tingkat sarjana di berbagai universitas di UAE.

Menteri Pendidikan UAE, Sheikh Nahyan bin Mubarak Al Nahyan dalam sambutannya menyatakan puji syukur kepada Allah SWT bahwa Universitas UAE telah mencapai umur 35 tahun dan berada dalam posisi di antara universitas terbaik di dunia.

Ia berharap para wisudawan dan wisudawati dari Universitas UAE dapat berperan aktif dalam pembangunan sosial kemasyarakatan sehingga dapat memberikan dampak positif bagi bumi ini dan seluruh isinya.

Di penghujung acara menteri itu memberikan kenang-kenangan berupa kristal bertuliskan Universitas UAE yang terbuat dari butiran-butiran tujuh jenis pasir yang berada di UAE sebagai simbol persatuan yang kokoh di UAE dalam menggapai masa depan yang lebih baik.

Dubes RI untuk UAE Salman Al Farisi menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang ditunjukkan oleh putra-putri Indonesia di UAE. Mereka sejak umur belasan tahun telah berani ke luar dari kampung halaman untuk menempuh pendidikan hingga berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan bagi keluarga dan bangsa Indonesia.

Dubes berharap, keberhasilan anak-anak Indonesia di UAE menjadi faktor pendorong untuk peningkatan pemberian beasiswa oleh pemerintah UAE.

(M016/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca