Selasa, 2 September 2014

Polri akan bangun 200 polres di Indonesia

Kamis, 14 Juni 2012 14:23 WIB | 2.588 Views
Polri akan bangun 200 polres di Indonesia
Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Saud Usman Nasution (FOTO ANTARA/Reno Esnir)
Bandarlampung (ANTARA News) - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Saud Nasution mengatakan Polri akan membangun 200 polresta se-Indonesia di daerah otonomi baru (DOB).

"Kami sedang menginventarisir sejumlah daerah-daerah untuk diprioritaskan dibangun polresta," kata Saud Nasution dalam paparan pertemuan Bakohumas Polri dan jajaran Pemda Lampung, di Bandarlampung, Kamis.

Sementara itu Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih menyebutkan, dalam program pembangunan polres tersebut, Lampung hanya mendapat satu polresta yang akan dibangun dalam waktu dekat.

"Polri memprioritaskan Kabupaten Mesuji untuk segera dibangun markas polres di sana, mengingat daerah tersebut rawan konflik," kata Sulistyaningsih.

Ada empat polres di empat DOB yang diajukan, namun Mabes Polri hanya menyetujui satu polres untuk dibangun. Sedangkan tiga lainnya dilakukan bertahap.

Pembangunan polres tersebut tidak hanya membutuhkan lahan saja, akan tetapi perlu disiapkan personel yang akan bertugas di sana. Untuk tahun 2012 ini, Polda Lampung melakukan perekrutan sebanyak 300 anggota polisi baru.

Sebelumnya, Bupati Mesuji Khamamik meminta pembangunan polres diprioritaskan di daerahnya mengingat tingginya angka konflik di kabupaten tersebut.

Menurutnya, pemerintah kabupaten setempat telah menyiapkan lahan seluas lima hektare untuk tempat pembangunan polres tersebut.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung Prof Dr Sunarto SH MH mengatakan idealnya setiap daerah otonomi baru memiliki alat perlengkapan keamanan lengkap yang terpisah dari kabupaten induknya demi terciptanya suasana aman.

Menurutnya, jika satu polres menangani dua atau lebih daerah maka proses keamanan di sana tidak dapat berjalan secara maksimal.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga