Jumat, 19 Desember 2014

Mandiri siap akuisisi bank beraset besar

| 2.354 Views
id bank mandiri, zulkifli zaini, akusisi bank
Mandiri siap akuisisi bank beraset besar
Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri menyatakan siap mengakuisi bank beraset besar yang nilainya di atas Rp10 triliun jika pemerintah sudah merevisi Ketentuan Kepemilikan Tunggal atau Single Present Policy (SPP).

"Kalau ketentuan bank dapat memiliki lebih dari satu bank umum sebagai anak usaha diberlakukan, kami sangat senang karena dapat mendukung bisnis bank Mandiri," kata Dirut Bank Mandiri Zukifli Zaini disela "Mandiri CFO Forum: Creating Optimum Growth trought Efficiency Management" di Jakarta, Kamis.

Menurut Zulkifli, perbankan tentu sangat mengapresiasi jika dalam revisi tersebut bank berskala internasional yang bermodal di atas Rp50 triliun boleh memiliki anak usaha bank umum lebih dari satu.

Menurut Zulkifli, hal itu akan sejalan dengan target Mandiri untuk meningkatkan pertumbuhan organik maupun un-organik.

Saat ini Mandiri memiliki satu anak usaha bank umum yaitu Bank Sinar Harapan Bali, dan anak usaha bank syariah Bank Syariah Mandiri.

"Menambah anak usaha bank memang sudah bagian dari rencana perusahaan. Tapi yang beraset besar bukan yang Rp1 triliunan. Minimal di atas Rp10 triliun biar 'nendang'," katanya.

Kata Zulkifli, Mandiri sangat mampu untuk mengakuisisi bank karena memiliki aset yang mencapai sekitar Rp66 triliun. "Kita juga punya total aset Rp551 triliun, jadi sangat mapan untuk melakukan akuisisi."

Meski demikian, Zukifli tidak merinci lebih lanjut nama dan jenis bank yang akan diakuisisi.

Ia hanya menjelaskan, Mandiri memiliki strategi pengembangan bisnis yaitu tumbuh di kelompok wholesale, kemudian ritel transaction, dan ritel financing.

"Kalau kita nanti mengakuisisi bank baru, tentu kita akan merujuk pada ketiga fokus itu," katanya.

Menurut Zukifli, sekarang Mandiri memiliki enam anak usaha yang besar Bank Syariah Mandiri, Axa Mandiri, Mandiri Sekuritas, Bank Sinar Harapan Bali, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Axa General Insurance.

"Kontribusi anak usaha terhadap total laba bersih Mandiri pada tahun 2011 sudah mencapai 12 persen dari Rp12,2 triliun, meningkat dari hanya sekitar 5 persen dari periode sebelumnya," ujarnya.

(T.R017/B/B012/B012) 14-06-2012 14:43:59

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga