Jumat, 22 Agustus 2014

Kapal perang Rusia latihan multinasional di Hawaii

Kamis, 14 Juni 2012 18:11 WIB | 6.744 Views
Kapal perang Rusia latihan multinasional di Hawaii
Kapal penjelajah Varyag dari angkatan laut Rusia. (flickr.com)
Vladivostok, Rusia (ANTARA News) - Satuan Armada Pasifik Rusia, terdiri kapal perusak Admiral Panteleyev, kapal tanker Boris Butoma, dan kapal penyelamatan Fotiy Krylov, Rabu, meninggalkan Vladivostok untuk ambil bagian dalam latihan skala besar angkatan laut multinasional RIMPAC-2012 di Hawaii.

Pesisir Lautan Pasifik (RIMPAC 2012), latihan terbesar angkatan laut di dunia, akan dilaksanakan pada 11 Juli sampai 2 Agustus 2012. Ini pertama kalinya bagi Rusia menghadiri latihan atas undangan dari penyelenggara manuver.

Tahun ini, 45 kapal dari 22 negara akan berpartisipasi. Mereka berasal dari Rusia, Australia, Kanada, Chili, Kolombia, Prancis, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Peru, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Thailand, Tonga, Inggris, dan Amerika Serikat, akan mengambil bagian dalam latihan angkatan laut.

RIMPAC 2012 akan memberikan kesempatan pelatihan bagi peserta meningkatkan dan mempertahankan hubungan kerja sama penting sambil memastikan keamanan alur laut dan keamanan kawasan.

Pasukan-pasukan juga akan melakukan operasi amfibi, meriam, rudal, anti kapal selam dan pertahanan udara selain latihan kontra-pembajakan, operasi pembuangan dan pembersihan ranjau, senjata peledak dan menyelam serta operasi penyelamatan selama latihan.

RIMPAC 2012 ini adalah pelaksanaan ke-23 dalam seri latihan yang dimulai pada tahun 1971.
Latihan RIMPAC pertama kali diadakan oleh kapal perang Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.
(*)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga