Kamis, 28 Agustus 2014

Pemerintah masih bahas isu utama APEC 2013

Kamis, 14 Juni 2012 21:43 WIB | 4.222 Views
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional (KPI) Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo mengatakan isu utama Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 masih dibahas di tingkat pemerintahan.

"Sampai saat ini, masalah yang akan diangkat pada Konferensi APEC 2013 masih dibahas di tingkat atas, seperti baru-baru ini kami menghadiri pertemuan tingkat menteri perdagangan APEC di kota Kazan, Rusia pada 4--5 Juni 2012 lalu," kata Iman di Jakarta, Kamis.

Pada pertemuan yang berlangsung di Rusia itu, lanjut Iman, para menteri mencatat sejumlah perkembangan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir di negara-negara anggota APEC.

Iman mengungkapkan setelah pertemuan tersebut, saat ini Indonesia harus mempersiapkan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan APEC pada 2013 mendatang.

"Ada dua hal penting yang harus dipersiapkan oleh Indonesia, yaitu persiapan logistik dan persiapan substansi," kata Iman.

Iman menuturkan yang dimaksud dengan persiapan logistik adalah penyediaan tempat atau lokasi yang akan dipergunakan untuk menyelenggarakan rangkaian acara APEC 2013.

"Sebelum menuju acara utama APEC, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang akan diselenggarakan pada Oktober 2013 di Bali, ada rangkaian acara lainnya, antara lain Senior Official Meeting (SOM), Working Group, Pertemuan Komite dan lain-lain. Rangkaian pertemuan ini bisa berlangsung selama kurang lebih 20 hari," ujar Iman.

Oleh karena itu, sambung Iman, pemerintah harus berhati-hati dalam memilih lokasi penyelenggaraan rangkaian acara tersebut.

"Harapan kami lokasinya bertempat di luar Pulau Jawa, karena sudah terlalu sesak. Terkait persiapan logistik ini sudah dibicarakan dalam forum pertemuan menteri-menteri ekonomi, yang diwakili oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa," ungkap Iman.

Sementara itu, terkait persiapan substansi, yakni berbagai isu dan permasalahan yang akan diangkat dalam APEC 2013, Iman menuturkan masih dibicarakan lebih lanjut pada tingkat pemerintahan.

"Sampai saat ini, kami masih merumuskan tema. Kemudian dari tema tersebut, kami masih harus menentukan program-program prioritas yang harus dilaksanakan dan kesepakatan yang akan dihasilkan dari APEC 2013 nanti," tambah Iman.

Sebagai informasi, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan APEC atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik. Rencananya, puncak acara, yaitu KTT APEC akan dilangsungkan di Bali pada Oktober 2013 mendatang.
(R027)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga