Rabu, 3 September 2014

Sementara, Italia 1, Kroasia 0

Kamis, 14 Juni 2012 23:54 WIB | 2.288 Views
Sementara, Italia 1, Kroasia 0
Stipe Pletikosa berusaha menahan tembakan gelandang veteran Italia Andrea Pirlo pada laga Grup C Piala Eropa 201 (AFP)
Jakarta (ANTARA News) - Gol dari tendangan bebas yang dieksekusi Andrea Pirlo membawa Italia unggul sementara atas Kroasia 1-0.

Pertandingan pimpinan wasit Howard Webb ini berlangsung cepat dan sengit sejak kick off.

Terjadi saling memotong bola di antara kedua tim, dan Italia membuka kesempatan pertama melalui tendangan keras Mario Balotelli di menit ke-3 yang menyasar gawang Pletikosa. Sayang, tendangan Balotelli berhasil dihalau.

Kroasia tak tinggal diam. Dengan cepat melancarkan serangan-serangan balik. Pada menit 6 kesempatan datang untuk tim asuhan Slaven Bilic ini melalui percobaan mengoyak gawang Gianluigi Buffon oleh Nikica Jelavic, namun bola memantul ke tangan Buffon.

Tempo permainan cepat nan agresif mewarnai pertandingan Italia melawan Kroasia sejak awal.

Untuk kubu Italia, kerjasama duo Antonio Cassano dan Balotelli beberapa kali mampu menciptakan kesempatan gol, sedangkan dari kubu Kroasia, permainan Ivan Strinic, Mario Mandzukic dan Jelavic menjadi tumpuan serangan.

Pada menit ke-27 Kroasia mendapatkan keuntungan tendangan pojok yang dieksekusi Darijo Srna dan diambil oleh Ivan Perisic.

Perisic mencoba menyundul ke arah tengah gawang Buffon namun arah bola masih mampu diprediksi dan diselamatkan Buffon.

Hanya berselang satu menit, kesempatan untuk Italia melalui kerjasama Balotelli yang mengumpan ada Marchisio cukup cerdik, sayang Giacherrini yang dituju Marchisio tak membaca umpan dengan baik. Kesempatan yang sia-sia.

Pada menit ke-33, kembali Cassano mendapatkan peluang emas untuk menyarangkan gol ke gawang Kroasia, namun tendangannya melebar ke sisi kanan gawang.

Kembali pada menit ke-37, Marchisio mendapat kesempatan menyumbang satu gol untuk Italia, namun tendangannya masih dapat dihalau Pletikosa, memantul kembali ke kaki Marchisio, namun lagi-lagi tendangan Marchisio dengan brilian dihalau Pletikosa.

Kesabaran Italia melancarkan serangan pun berbuah hasil saat tendangan bebas yang dieksekusi Andrea Pirlo melesak cepat ke sudut kiri gawang Pletikosa tanpa mampu dihalau.

1-0 untuk Italia.

Dalam babak pertama ini kedua tim bermain ngotot dengan saling menyerang. Lini pertahanan kedua tim sulit ditembus.

Berdasarkan situs UEFA, unuk penguasaan bola, Italia lebih unggul, 58 persen, sedangkan Kroasia 42 persen.

(feb)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga