Minggu, 26 Oktober 2014

Gangguan trafo di Bogor, PLN lakukan pemadaman bergilir

| 3.576 Views
id pemadaman listrik, pln apj bogor, pemadaman bergilir di bogor
Gangguan trafo di Bogor, PLN lakukan pemadaman bergilir
Ilustrasi -- Pemadaman Listrik. Petugas mengganti trafo listrik yang rusak. (FOTO ANTARA/Arief Priyono)
pemadaman bergilir dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB di sejumlah wilayah
Bogor (ANTARA News) - Manajemen PLN Area Pelayanan Jaringan Bogor terpaksa mengambil langkah pemadaman bergilir menyusul terjadinya gangguan trafo di gardu induk III Bogor Baru.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Langkah ini terpaksa kami ambil untuk tetap mempertahankan suplai listrik ke seluruh masyarakat. Insa Allah perbaikan secepatnya diselesaikan," kata Kepala Humas APJ PLN Kusumawan, di Bogor, Jumat.

Kusumawan mengatakan, gangguan travo induk terjadi Senin (11/6), satu dari tiga trafo induk tersebut mengalami kerusakan hingga tidak dapat berfungsi.

Travo induk yang memiliki daya 60 meter volt amper (MVA) menyalurkan listrik lebih kurang ke 60.000 pelanggan.

"Kami sudah memberitahunkan kepada seluruh pelanggan adanya pemadam bergilir ini, terutama pihak industri yang kami minta kerjasamanya untuk melakukan penghematan listrik dengan memanfaatkan mesin genset," katanya.

Kusumawan menjelaskan, pemadaman bergilir dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB di sejumlah wilayah diantaranya layanan Rayon Bogor Timur, seperti Jalan Raya Ciluar dan sekitarnya, Jalan Ciparigi dan sekitarnya, Kampung Tanahsewa dan sekitarnya serta Perum Bogor Baru dan sekitarnya.

Sedangkan Rayon Bogor Kota meliputi Pasirkuda, Dampit, Bojongmenteng, Jalan Raya Ciomas hingga Desa Sirnagalis dan sekitarnya. Untuk wilayah Rayon Bogor Barat meliputi, Desa Cilebut dan sekitarnya, Jalan Raya Puncak dan sekitarnya, Desa Cicadas, Ciapea dan sekitarnya.

Dan untuk Rayon Bogor Kota juga merata terjadi di 68 kelurahan di Kota Bogor.

Menurut Kusumawan, pemadaman bergilir tidak dapat terhindari karena beban yang cukup tinggi di masyarakat.

"Kita sudah berupaya agar pemadaman tidak terjadi dengan memasok dari travo induk ditempat lain, tapi pemadaman tidak bisa dihindari. Beban tidak mencukupi," katanya.

Kusumawan mengatakan, jika masyarakat Bogor melakukan penghematan listrik dengan mengoptimalkan penggunaan energi untuk kebutuhan primer maka beban akan tercukupi.

Ditambah lagi upaya pihak industri yang juga ikut mendukung penghematan listrik dengan menggunakan genset dapat menghemat listrik sebesar 50 persen yang dapat memenuhi listrik untuk satu kelurahan.

"Insyallah Selasa (19/6) pebaikan selesai, dan sudah normal kembali," katanya.

Kusumawan menambahkan, pihaknya telah menyebarkan informasi pemadaman bergilir melalui media-media lokal setempat. Dalam informasi tersebut tertera jadwal dan waktu pemadaman.

"Tapi kami menyampaikan, bahwa jadwal sewaktu-waktu dapat berubah karena tergantung kondisi beban," katanya.
(LR)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga