Minggu, 26 Oktober 2014

Pria muda pun bisa kena osteoporosis

| 2.109 Views
id osteoporosis, osteoporosis pada pria, penurunan aktivitas gonad, hipogonadisme, defisiensi testosteron
Pria muda pun bisa kena osteoporosis
Penanggung jawab Surabaya Osteoporosis and Arthritis Center, Prof. Djoko Roeshadi, menjelaskan susunan tulang yang rawan terkena osteoporosis. (ANTARA/Eric Ireng)
Jakarta (ANTARA News) - Osteoporosis yang biasanya terjadi pada perempuan menjelang menopause dan pria lanjut usia ternyata juga bisa menyerang laki-laki berusia muda.

Menurut Kepala Divisi Metabolik Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Em Yunir, osteoporosis pada laki-laki muda usia kemungkinan terjadi karena hipogonadisme atau penurunan aktivitas kelenjar gonad, yang pada laki-laki menghasilkan hormon testorteron.

"Osteoporosis pada pria ini diduga merupakan akibat langsung dari defisiensi hormon testosteron, atau yang juga disebut sebagai hipogonadisme," ujar Yunir dalam acara diskusi yang diselenggarakan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) di Jakarta, Jumat.

Defisiensi hormon testosteron, menurut Yunir, akan mengganggu proses pembentukan tulang dan menyebabkan pengeroposan tulang.

Ia menjelaskan pula bahwa hipogonadisme tidak hanya terjadi akibat penyakit di otak atau pada testis, namun juga penyakit-penyakit kronis seperti obesitas, sindrom metabolik, hipertensi, serta diabetes tipe-2.
(M048)


Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga