Teheran (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi, menyatakan Teheran siap membantu proyek-proyek pembangunan di Afghanistan.

Hal ini disampaikan Salehi saat bertemu dan melakukan pembicaraan dengan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai di Kabul, demikian seperti yang dikutip dari Kantor Berita Iran, IRNA.

Dalam kesempatan itu, Salehi juga menyampaikan undangan resmi dari Presiden Mahmud Ahmadinejad kepada Karzai untuk ambil bagian dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-16 Gerakan Non-Blok (GNB) ke-16 yang akan diadakan di Teheran, 26-31 Agustus.

Karzai mengatakan, Afghanistan akan berpartisipasi dalam KTT GNB di tingkat tertinggi.

Sementara itu, Menlu Salehi melakukan perjalanan ke Afghanistan, Kamis, untuk menghadiri konferensi satu sehari bertajuk "Masa Depan Afghanistan" di Kabul.

Selama konferensi di Afghanistan, Salehi menguraikan sikap Iran tentang pembentukan stabilitas dan keamanan di Afghanistan, serta pembangunan ekonomi negara itu.

Salehi juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri dari berbagai negara, termasuk Turki, Afghanistan, Tajikistan, dan Inggris, serta Wakil Menteri Luar Negeri China. Ia membahas masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama, serta perkembangan regional dan internasional dengan mereka.

Menteri Luar Negeri Iran juga berunding dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan, Zalmay Rasoul dan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja sama Islam (OKI), Ekmeleddin Ihsanoglu pada Kamis.

(H-AK)