Senin, 1 September 2014

Penyu berbendera Piala Eropa dilepas di Padang

Jumat, 15 Juni 2012 22:13 WIB | 4.516 Views
Penyu berbendera Piala Eropa dilepas di Padang
anak penyu (tukik). (FOTO ANTARA/Irwansyah Putra)
Padang, Sumbar (ANTARA News) - Sedikitnya 75 ekor penyu lekang (Lepidochelys imbricata) berbendera negara peserta Piala Eropa 2012 dilepas di Pantai Kampus Universitas Bung Hatta (UBH), Padang, Sumatera Barat, Jumat.

"Kegiatan pelepasan penyu ini tidak sekadar meramaikan Piala Eropa, melainkan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia," kata Kabag Humas UBH, Indrawadi di Padang, Jumat.

Gambar-gambar bendera negara peserta Piala Eropa 2012 ditempelkan ke penyu sebelum dilepas ke laut, menyemarakkan demam piala Eropa.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut digelar guna mengajak semua komponen masyarakat untuk ikut berperan aktif melestarikan penyu, yang populasinya sudah mulai terancam.

Pelepasan penyu dilakukan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Proklamator bersama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH.

Penyu tersebut, katanya, merupakan hasil penangkaran dan konservasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH.

Pada kesempatan sama, Ketua Pusat Data dan Informasi Penyu UBH, Harfiandri Damanhuri mengatakan, ada 10 alasan kenapa penyu perlu di konservasi, di antaranya penyu termasuk hewan langka yang masih hidup sampai sekarang, karena memiliki siklus hidup yang panjang mencapai umur 100 tahun.

Penyu, kata Harfiandri, merupakan hewan yang perlu dilindungi apabila naik ke permukaan pantai, karena keterbatasan penglihatan dan gerak yang sangat lamban.

Menurutnya, keberadaan penyu dapat membantu kesuburan laut perairan, ikut memupuk perairan dan membantu meningkatkan kandungan nutrisi serta bagian dari rantai makanan.

Saat ini populasi penyu di Sumatera Barat sekitar 15 ribu ekor, dan potensi bertelur sekitar 2.000 ekor yang tersebar di 32 titik perairan provinsi itu.
(KR-AGP/A013)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga