Selasa, 29 Juli 2014

Kemendag gali potensi bisnis ASEAN-Amerika Latin

Jumat, 15 Juni 2012 23:40 WIB | 3.808 Views
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan akan menggali potensi investasi dan perdagangan melalui forum bisnis ASEAN-Amerika Latin di Jakarta pada 9--10 Juli 2012.

"Melemahnya perekonomian dunia bisa dipastikan masih akan berlangsung sampai 2013. Guna menghadapi kondisi ini, negara-negara ASEAN dan Amerika Latin serta Karibia harus menjalin kerja sama ekonomi yang berkelanjutan," kata Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo dalam konferensi pers mengenai rencana penyelenggaraan ASEAN Latin Business Forum 2012 di Jakarta, Jumat.

Ia mengharapkan, ASEAN Latin Business Forum 2012 mampu menunjang upaya peningkatan hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

"Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa ASEAN, Amerika Latin, dan Karibia tidak dapat mengembangkan kerja sama perdagangan dan investasi ke depan, terutama karena faktor demografi kedua kawasan sangat menunjang bagi upaya peningkatan hubungan bisnis yang saling menguntungkan," katanya.

Iman mengatakan, para menteri perdagangan berasal dari berbagai negara yang tergabung dalam forum bisnis tersebut akan menghadiri pertemuan itu.

Pihak Indonesia akan dihadiri oleh Kementerian Perekonomian dan kementerian terkait, serta berbagai kalangan pengusaha dan asosiasi.

"Dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi regional sekitar 4--5 persen pada tahun 2012 ini, para wakil pemerintahan dan bisnis ASEAN dan Amerika Latin serta Karibia akan mencoba memaksimalkan sinergi di antara kedua kawasan dengan fokus pada isu-isu keamanan pangan, keamanan energi, infrastruktur dan teknologi, serta keamanan lingkungan," ujar Iman.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton Supit menilai, forum tersebut merupakan peluang yang ideal Indonesia untuk mengedepankan berbagai potensinya sebagai gerbang investasi dan perdagangan di ASEAN.

"Sekarang ini adalah momentum yang tepat, yakni di saat perekonomian dunia mulai bergerak menuju equilibrium baru. Peluang ini perlu dipahami oleh mitra kita dari Amerika Latin," katanya.

Anton mengatakan, forum tersebut juga peluang yang dapat dijadikan basis negara-negara Amerika Latin dan Karibia untuk memasuki pasar ASEAN serta membangun kesepakatan perdagangan bebas antara ASEAN dengan mitra dialognya.
(R027/M029) 

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga