Rabu, 24 September 2014

Penyedia jasa internet minta ISP ilegal diberantas

Sabtu, 16 Juni 2012 02:16 WIB | 5.021 Views
Jakarta (ANTARA News) - Penyedia jasa Internet Indonesia (ISP) meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera memberantas ISP ilegal di Indonesia lantaran sangat meresahkan.

Direktur Pengembangan Usaha Melsa Internet Service Provider Heru Nugroho Setio Utomo memperkirakan jumlah ISP ilegal di Indonesia sekitar 100, hampir menyamai jumlah ISP legal sebanyak 150 dan keberadaan ISP ilegal sangat meresahkan, karena persaingan ISP semakin ketat.

"ISP ilegal itu cerita lama, sejak tahun 2000-an dan belum tuntas diberantas pemerintah. Karena itu, Kemenkominfo harus memperketat pengawasan secara intens terutama di daerah-daerah yang menjadi basis ISP ilegal," katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA News pada Jumat (15/6).

Heru mengatakan perbedaan antara ISP legal dan ilegal adalah ISP legal memiliki perizinan dan membayar pajak penyelenggara dan USO sedangkan ISP ilegal tidak melakukan keduanya. "Perusahaan ISP legal dikenakan tambahan pajak sebesar 1,5 persen dari total pendapatan kotor karena harus membayar pajak penyelenggaraan dan pajak USO," katanya.
(adm)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Terpopuler
Baca Juga