Sabtu, 30 Agustus 2014

Ribuan ikan mati di Danau Kayangan diganti

Sabtu, 16 Juni 2012 13:42 WIB | 2.665 Views

Pekanbaru (ANTARA News) - Ribuan ikan mati di Danau Kayangan, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau, akibat pengerukan danau oleh oleh petugas Dinas Pekerjaan Umum setempat akhirnya mendapatkan pergantian dari pemerintah daerah.

"Kami pastikan ikan yang mati pada Sabtu dinihari (9/6) akibat pengerukan danau diganti dengan bibit yang baru agar petani tidak rugi," kata Wali Kota Pekanbaru H Firdaus MT di Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Sabtu.

Firdaus mengatakan masalah tersebut usai membuka Festival Danau Kayangan di Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir dihadiri juga Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Desmianto dan Wakil Wali Kota H. Ayat Cahyadi.

Pengerukan dilakukan sehubungan dengan dijadikannya danau itu sebagai arena pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII pada 9-20 September 2012.

Menurut dia, bahwa pihaknya sudah menerjunkan tim dari aparat Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru untuk melakukan pengecekan terhadap penyebab kematian ribuan ikan itu.

Sedangkan ganti rugi tersebut berupa bibit karena petani membudidayakan ikan tersebut semula merupakan pemberian dari aparat terkait.

Sementara itu, Ketua Koperasi Unit Bersama (KUB) Harapan Jaya, Herdianto yang juga petani ikan mengatakan pihaknya meminta agar pemerintah setempat mengganti ikan yang mati tersebut.

Bahkan ikan jenis patin tersebut merupakan siap panen dan tidak tahan dengan kondisi air yang keruh sehingga petani mengalami kerugian.

Selain itu, ikan tersebut mati pada malam hari maka ketika pagi sudah terlihat mengapung di atas pemukaan keramba yang dipasang pada bagian pinggir dan tengah danau..

Para petani itu bisanya setiap enam bulan hingga delapan bulan panen ikan untuk dipasarkan ke sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru.

Firdaus menambahkan, ikan yang diganti itu merupakan bibit supaya dapat dibudidayakan kembali oleh petani di Danau Kayangan.

(aA047/m027)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca