Sabtu, 23 Agustus 2014

Komisi II DPR tinjau kesiapan Taliabu jadi kabupaten

Sabtu, 16 Juni 2012 15:33 WIB | 2.908 Views
Ternate (ANTARA News) - Tim Komisi II DPR RI berkunjung ke Pulau Taliabu, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara untuk melihat kesiapan daerah itu dimekarkan menjadi kabupaten tersendiri.

Anggota Tim Komisi II DPR RI Abdul Malik Haramain di Ternate, Jumat, mengatakan, Pulau Taliabu termasuk salah satu dari 19 daerah yang telah disetujui oleh DPR RI untuk dimekarkan menjadi kabupaten baru.

Tim Komisi II akan melihat kondisi Pulau Taliabu, terutama dari segi infrastruktur dan berbagai data objektif lainnya di daerah itu yang diperlukan dalam pengesahan sebagai kabupaten pemekaran.

"Kami juga akan bertemu dengan Pemkab dan DPRD Kepulauan Sula serta masyarakat di Pulau Taliabu untuk mendapatkan berbagai masukan terkait akan dimekarkannya daerah itu menjadi kabupaten," katanya.

Tim Komisi II DPR RI tersebut juga berjanji akan mengunjungi Pulau Obi di Kabupaten Halmahera Selatan dan Sofifi, ibukota Provinsi Malut yang sebelumnya telah diusulkan ke DPR RI untuk menjadi daerah pemekaran baru di Malut.

Menurut dia, khusus Sofifi, sebenarnya layak untuk dimekarkan menjadi kota otonom, karena statusnya sebagai ibukota Provinsi Malut, tapi tidak diakomodasi dalam 19 kabupaten yang disetujui pemekarannya karena terbentur persyaratan administratif.

Salah satu persyaratan administrasi yang belum dipenuhi Sofifi untuk dimekarkan menjadi kota otonom dan terpisah dari Kota Tidore Kepulauan karena belum adanya rekomendasi dari Pemkot Tikep dan DPRD Tikep.

"Pulau Obi juga sudah memenuhi syarat administratif untuk dimekarkan menjadi kabupaten terpisah dari Halmahera Selatan, karena sudah ada rekomendasi dari pemkab dan DPRD Halsel serta Gubernur Malut, sehingga akan diusulkan pembahasannya pada tahun 2012 ini," katanya.

Selain Pulau Taliabu, Sofifi dan Pulau Obi, ada pula sejumlah daerah di Malut yang mengusulkan pemekaran diantaranya Galela di Kabupaten Halmahera Utara, Wasilei Kabupaten Halmahera Timur dan Gane Raya Kabupaten Halmahera Selatan.
(KR-AF)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga