Rabu, 22 Oktober 2014

Michal Bilek beberkan rahasia lolosnya Ceko

| 4.601 Views
id ceko polandia, ceko lolos, ceko ke perempat final, euro 2012, piala eropa 2012, ceko menang 1-0 atas polandia, grup a, petr jiracek, Ceko lolos, micha
Michal Bilek beberkan rahasia lolosnya Ceko
Pelatih Ceko Michal Bilek. (REUTERS/Dominic Ebenbichler)
pada laga kedua dan ketiga kami bertahan dengan lebih bertanggungjawab sekaligus menunjukkan kualitas kami"
Wroclaw (ANTARA News) - Republik Ceko sukses menjuarai Grup A sekaligus mencapai perempatfinal Piala Eropa 2012 karena belajar dari kesalahan, kata pelatih Michal Bilek seperti dikutip AFP.


Petr Jiracek mencetak gol semata wayang Ceko ke gawang tuan rumah Piala Eropa 2012 Polandia di tengah tidak berhasilnya Rusia yang pernah menghabisi Ceko dengan sekor 4-1 dalam melewati perempatfinal turnamen Eropa ini.


"Kami memainkan sepakbola indah, kami ingin memainkan sepakbola indah dan kita ingin melakukan itu saat melawan Rusia sebelumnya. Mulanya kami berhasil," kata Bilek. "Namun, kadang kami melupakan bertahan dan itulah mengapa Rusia mencetak begitu banyak gol.


"Kini kami belajar dari kesalahan, lalu pada laga kedua dan ketiga kami bertahan dengan lebih bertanggungjawab sekaligus menunjukkan kualitas kami.


"Polandia adalah tim yang hebat namun kamilah yang memainkan sepakbola indah, bertahan dengan baik dan kami menguasai bola.


"Kami selalu percaya pada diri sendiri, kami pernah pada situasi-situasi sulit namun kami selalu bermain sebagai tim dan mengatasi tekanan. Kami tahu jika kami kalah maka kami akan pulang kampung."


Pada babak pertaha melawan Polandia, Ceko sepertinya akan segera pulang lebih awal ke Praha, tapi di akhir babak pertama keadaan mulai berubah, lalu Ceko semakin menguasai permainan di menit-menit berikutnya.


"Kami sungguh sangat puas karena kami mengalahkan sebuah tim yang bertanding di kandangnya. Mereka telah memainkan dua laga yang fantastik dan difavoritkan di laga ini," katanya mengomentari Polandia.


Bilek sempat bergurau bahwa sebenarnya dia ingin bertemu dengan Jerman di perempatfinal nanti.


"Saya pernah mengatakan lebih suka melawan Jerman di semifinal, tapi kini saya kira saya harus meralat pernyataan itu," katanya.


Bilek juga mengaku tak mengira timnya bakal menjuarai grup. "Tentu saja hasil Rusia melawan Yunani itu mengejutkan karena Rusia ingin mencapai final namun kini malah mereka harus pulang kampung."


Dia mengatakan adalah mengejutkan melihat Rusia tersisih padahal mereka menjadi favorit di mana tak seorang pun yang mengira negeri ini tak bisa mencapai perempatfinal.


"Tapi Yunani telah menunjukkan kekuatannya. Kami bermain baik menghadapi mereka dan mereka juga bermain baik melawan Polandia, kini Anda melihat betapa sulit mengalahkan Yunani."  (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga