Jumat, 24 Oktober 2014

Dikembangkan, udang tahan virus dan cepat tumbuh

| 5.534 Views
id udang windu, tahan virus, cepat tumbuh, bppbap maros
Dikembangkan, udang tahan virus dan cepat tumbuh
Udang windu (ANTARA/Irwansyah Putra)
...telah sampai ditahap pembesaran benih.
Jakarta (ANTARA News) - Upaya pencarian bibit udang windu nan handal terus dilakukan oleh para peneliti Indonesia, dan besar harapan dalam waktu yang relatif tak lama lagi udang windu Indonesia akan tahan virus dan lebih cepat tumbuh.

Saat ini para peneliti yang tergabung di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau (BPPBAP) Maros, Sulawesi Selatan, sedang mengembangkan bibit udang windu yang telah direkayasa segara genetik agar tahan terhadap penyakit serta cepat tumbuh.

"Kalau hasil penelitian ini sukses, dalam 3-4 tahun ke depan kita sudah bisa menghasilkan bibit udang windu yang tahan penyakit sekaligus cepat tumbuh," kata Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau (BPPBAP), Dr. Rachmansyah di Maros, Sulawesi Selatan, Minggu.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa bibit udang windu yang dikembangkan di BPPBAP Maros telah sampai ditahap pembesaran benih.

"Kami telah menemukan gen yang menentukan daya tahan udang terhadap virus bintik putih/white spot syndrome virus (WSSV) dan gen yang membuat pertumbuhan lebih cepat," kata Andi Parenrengi, salah seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian itu.

Lebih lanjut Andi menjelaskan bahwa rekayasa genetik ini memungkinkan pencarian bibit udang windu yang tahan terhadap WSSV, dengan mengambil gen yang berperan sentral lalu diimplan kepada bibit udang.

Pada beberapa tahun terakhir, industri udang windu Indonesia sangat terpukul oleh serangan WSSV sehingga banyak petambak beralih membudidaya komoditas lain.
(E012)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga