Selasa, 2 September 2014

700 masjid Bandarlampung gelar Isra Mi`raj serentak

Minggu, 17 Juni 2012 17:51 WIB | 3.912 Views

Bandarlampung (ANTARA News) - Sebanyak 700 masjid di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, menyelengarakan kegiatan peringatan Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW tahun 1433 Hijriah/2012 M secara serentak pada Sabtu malam.

Kegiatan keagamaan itu selain diisi dengan tradisi keagamaan yang diselenggarakan oleh Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) dan pengurus masjid masing-masing, juga mendengarkan sambutan tertulis Wali Kota Bandarlampung Herman HN, dan ceramah uraian hikmah peringatan Isra Mi`raj Nabi itu sendiri dari para penceramah.

Berbeda dengan peringatan dua tahun sebelumnya, peringatan Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW di Kota Bandarlampung tahun ini juga mendapat bantuan dana untuk kegiatan dari wali kota Bandarlampung masing-masing masjid sebesar Rp1 juta.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN melalui Kepala Bagian (Kabag) Humasnya, Paryanto, yang dihubungi Minggu, menjelaskan, bantuan dana untuk kegiatan keagamaan Isra Mi`raj itu sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir.

Tujuannya selain untuk membantu panitia dan pengurus masjid agar bisa menyelenggarakan peringatan Isra Mi`raj, juga untuk lebih meningkatkan Syiar Islam di wilayah Kota Bandarlampung, sedangkan teknis penggunaan dananya diserahkan kepada PHBI dan pengurus masjid setempat.

"Selain itu yang lebih penting lagi adalah agar Ummat Islam di Bandarlampung dapat mendoakan agar Kota Bandarlampung bersama seluruh masyarakatnya dapat hidup secara aman, nyaman, tenteram, dan dijauhkan dari segala macam mara bahaya," kata Paryanto.

Dilaksanakannya peringatan Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW secara serentak itu membuat suasana di Kota Bandarlampung pada Sabtu malam (16/6) menjadi lebih semarak, karena masing-masing masjid menggelar acara, sehingga suara pengajian dan ceramah menggema seakan saling bersahutan satu sama lain dalam cuaca relatif cerah.

Perayaan Isra Mi`raj di masjid Al Muttaqin, Kelurahan Gulak Galik, Kecamatan Telukbetung Utara, Kota Bandarlampung, misalnya, diisi dengan sambutan terlulis Wali Kota Bandarlampung Herman HN yang disampakan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kelurahan Gulak Galik, Irham.

Selanjutnya ceramah uraian hikmah Isra Mi`raj disampaikan oleh Ustadz Mulkanudin S Sg.

Ketua Pengurus Masjid Al Muttaqin, Drs H Syafiuddin Muas MPd, dan Ketua Rukun Tetangga (RT)-06, Kelurahan Gulak Galik, H Imam Mustafa, menyambut baik bantuan dana dari wali kota Bandarlampung itu, sehingga kegiatan lebih lancar, dan hendaknya para jemaah Ummat Muslim setempat bisa mengikutinya dengan baik.

Sementara Ustadz Mulkanudin menilai bantuan dana untuk peringatan Isra Mi`raj kepada 700 buah masjid itu merupakan suatu terobosan baru yang diharapkan dapat bermanfaat dan bisa lebih berkesinambungan.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN dalam sambutan tertulisya yang dibacakan di seluruh masjid yang menyelenggarakan peringatan Isra Mi`raj 1433 H itu mengatakan, sebanyak 700 masjid yang ada di 98 kelurahan menyelenggarakan peringatan itu secara serentak.

Herman HN mengharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat bersatu padu turut serta melanjutkan pembangunan di Kota Bandarlampung agar lebih baik di masa yang akan datang.

Ia juga mengharapkan agar melalui peringatan Isra Mi`raj itu selain dapat meningkatkan Syiar Agama Islam, ummat Islam juga bisa meneladani apa yang menjandi hikmah Isra Mi`raj, sehingga dapat meningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sementara Ustadz Mulkanudin, dalam ceramah uraian hikmah Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW, antara lain menekankan dan mengajak pentingnya ummat Islam melaksanakan apa yang menjadi inti Isra Mi`raj itu, yakni melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari semalam.

Dengan ibadah shalat yang baik, maka diharapkan dapat meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca