Minggu, 27 Juli 2014

PAN dorong Lampung kembangkan wirausahawan muda

Minggu, 17 Juni 2012 17:53 WIB | 3.555 Views
PAN dorong Lampung kembangkan wirausahawan muda
Zulkifli Hasan (FOTO ANTARA/Agus Bebeng)
Jakarta (ANTARA News) - Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong jajaran Pemprov Lampung untuk menumbuhkembangkan wirausahaan muda, agar provinsi itu mampu memaksimalkan pendapatannya lewat sektor pariwisata, perkebunan, pengolahan hutan dan pertanian.

"Dengan angka pertumbuhan ekonomi antara 5--6 persen, Lampung memiliki iklim investasi yang sangat baik," kata Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan disela-sela pelatihan wirausahawan muda (MAPAN) di Bandarlampung, Minggu.

Dalam keterangan tertulisnya, Zulkifli mengatakan, kelebihan Lampung pada letak geografis yang strategis, kekayaan sumber daya alam yang menarik, dan diharapkan sumber daya manusianya juga siap dengan berwirausaha, sehingga sangat cocok bagi para investor besar untuk bermitra dengan wirausahawan muda tersebut.

Menurut zulkifli, untuk bisa manjadi wirausahawan yang tangguh, maka pemuda Lampung harus peka terhadap lingkungan sekitarnya hingga bisa mengatahui kebutuhan masyarakat yang bisa menjadi tempat berusahanya.

"Sebagai wirausahawan muda tentu harus mengetahui apa yang akan dia jual dan pangsa pasarnya. Dalam pelatihan wirausahawan MAPAN dalam '60 hari menjadi wirausaha' para pemuda ini dididik menjadi pengusaha tangguh," kata Menteri Kehutanan tersebut.

Zulkifli sendiri mengaku sempat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sebelum memutuskan berwirausaha karena dorongan orang tua.

"Ayah saya bilang kalau mau jadi orang itu jangan pernah jadi follower jadilah kepala meski kepala kecil. Saya teringat betul perkataan ayah. Jadi sejak itulah saya putuskan berhenti jadi PNS dan di cibir teman-teman keluar PNS. Tapi karena saya bertekad untuk mendapatkan penghasilan besar itu saya acuhkan," katanya.

Menurut Zulkifli, kunci menjadi wirausahawan adalah keberanian dan tidak perlu ragu dalam melangkah karena gagal itu merupakan kesuksesan yang tertunda. "Kalau orang tidak pernah jatuh mana bisa dia untuk memperbaiki atau melangkah ke arah yang lebih baik," tambahnya.

Program pemberdayaan ekonomi MAPAN ini tidak sekedar bagi-bagi duit sebagai moda usaha melainkan juga ada pembinaan sehingga generasi muda bisa menjalankan roda bisnisnya dan membentuk jaringan yang kuat untuk memajukan perkonomian Lampung.

"Dalam program ini generasi muda tidak hanya diberikan modal awal untuk usaha tetapi juga mendapatkan pelatihan yang cukup dari kalangan dunia usaha hingga mereka mampu mengembangkan usahanya," demikian Zulkifli Hasan.
(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga