Sabtu, 25 Oktober 2014

Pembicaraan nuklir Iran dilanjutkan

| 4.408 Views
id nuklir iran, pembicaraan nuklir iran, pembicaraan iran, uranium iran
Pembicaraan nuklir Iran dilanjutkan
Fasilitas pengayaan uranium di Isfahan, Iran. Pengolahan urania di fasilitas ini dicurigai menjadi bagian program rahasia pengembangan senjata nuklir. (wikipedia.org)
... Israel mengancam membom Iran jika penyelesaian bagi sengketa tersebut tak ditemukan...
Moskow (ANTARA News) - Negara-negara besar dunia berusaha menghindari kemacetan diplomasi mengenai program nuklir Iran dalam pembicaraan yang dimulai di Moskow, Rusia, Senin. Harapan mereka, bisa berperoleh konsesi dari Teheran dan mencegah perang baru di Timur Tengah.

Konsekuensi dari kegagalan pembicaraan itu bisa menghancurkan. Israel mengancam membom Iran jika penyelesaian bagi sengketa tersebut tak ditemukan.

Pasar minyak gugup mengenai prospek peningkatan ketegangan regional dan ekonomi dunia, yang rapuh, dapat kian menderita dengan kenaikan harga minyak mentah.

Namun setelah dua babak perundingan dalam beberapa bulan, kedua pihak tidak bertambah dekat dengan kesepakatan dibandingkan sebelum upaya diplomasi di lanjutkan pada April, setelah 15 bulan macet.

Di Moskow, enam negara --Amerika Serikat, Rusia, China, Prancis dan Inggris, ditambah Jerman-- mendesak Iran agar meredakan keprihatinan utama mereka, pengayaan uraniumnya hingga kemurnian fisil 20 persen. 

Produksi semacam itu merupakan teknologi maju ke arah bahan tingkat pembuatan senjata.

"Kami bertekad untuk menghasilkan kemajuan ini selama ada peluang untuk mewujudkannya, dan selama ada komitmen (dari Iran) untuk terus mengejar bahan nuklir," kata seorang diplomat senior Uni Eropa.

Banyak ahli dan diplomat mengatakan tipis peluang bagi tercapainya terobosan di Moskow sehingga dapat mengakhiri percekcokan selama dasawarsa itu.

(C003)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga