Jakarta (ANTARA News) - Ada yang lain dari penampilan Peter Cech. Bukan penampilan bermainnya, tapi penampilan fisiknya.

Wajahnya saat ini dipenuhi brewok. Ternyata itu bukan tidak disengaja, dia mengatakan tidak akan mencukurnya selama Ceko masih bisa bertahan di Piala Eropa 2012.

Rambut-rambut di wajahnya dibiarkan tumbuh selebat mungkin, tanpa peduli wajah Cech akan terlihat seperti seorang manusia gua. Awalnya dia mengaku iseng, dan telah tidak bercukur sejak pertama kali tiba di Polandia.

Ritual itu jadi sebuah kemujuran tersendiri bagi Kiper Chelsea itu. Ceko bahkan berhasil memimpin Grup A, dan lolos ke babak perempat final meski kalah 1-4 dari Rusia dipertandingan pembuka.

Selain Cech, ada penyerang Milan Baros yang melakukan hal serupa. Keduanya mengaku sempat merasa gatal-gatal karena bulu-bulu halus di wajah mereka itu.

"Saya tidak tahu awalnya ini ide siapa... Ini sebagai lelucon saja bagi tim," katanya seperti dikutip Antaranews dari laman Guardian

Biarpun begitu, Cech mengaku tidak keberatan jika kumis dan jenggotnya tetap mewarnai wajahnya sampai final tanggal 2 Juli nanti. Berarti semakin lebat brewok Peter Cech, semakin tinggi prestasi Ceko di Piala Eropa 2012. (lod)