Kamis, 2 Oktober 2014

Pengamat: investasi emas pilihan tepat

Senin, 18 Juni 2012 20:33 WIB | 3.479 Views
Pengamat: investasi emas pilihan tepat
Investasi Emas (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto) ()
Salah satu bentuk investasi yang cukup aman saat ini adalah dengan membeli emas, selain jenis investasi yang lain.
Palembang (ANTARA News) - Berinvestasi dengan emas menjadi pilihan tepat saat ini, menyusul harga logam mulia ini yang stabil dalam beberapa tahun terakhir, kata pengamat ekonomi asal Sumatera Selatan, Didik Susetyo.

"Salah satu bentuk investasi yang cukup aman saat ini adalah dengan membeli emas, selain jenis investasi yang lain. Apalagi, Bank Indonesia telah membuat aturan dalam gadai untuk menjaga harga tidak terlalu fluktuatif," ujar dia, di Palembang, Senin.

Bank Indonesia resmi memperketat aturan gadai emas dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 14/7/DPbs tanggal 29 Februari 2012, setelah mendapatkan penyalahgunaan produk gadai emas menjadi investasi spekulatif.

"Aturan-aturan tersebut dikeluarkan, agar penyalahgunaan produk gadai emas yang terjadi sebelumnya tidak terulang kembali," kata dia.

Ia menilai, gejolak harga emas dewasa ini tergolong wajar. "Harga turun biasanya saat menjelang waktu keberangkatan ibadah haji karena banyak yang menjual atau menjelang penerimaan siswa baru. Selebihnya hampir tidak ada,"

Padahal, menurut dia, peningkatan harga emas dunia biasanya disebabkan terjadi peningkatan permintaan yang signifikan oleh suatu negara.

"Contohnya, Amerika Serikat memiliki kebijakan baru untuk menambah harta negara sehingga membeli logam mulia cukup banyak, maka akan terjadi kenaikan. Begitupula sebaliknya," kata Didik.

Harga emas perhiasan di Kota Palembang, Sumatera Selatan saat ini relatif stabil Rp3,1 juta per suku (6,7 gram) sejak dua pekan terakhir.

(B014)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga