Sabtu, 25 Oktober 2014

MRPTNI bentuk pokja jurnal internasional

| 3.871 Views
id jurnal internasional, majelis rektor, perguruan tinggi negeri
Untuk itu Majelis Rektor PTN Indonesia membantu menyelesaikan masalah dengan pembentukan Pokja Jurnal Internasional dari sejumlah PTN.
Makassar (ANTARA News) - Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) membentuk Kelompok Kerja (Pokja) penerbitan Jurnal Internasional untuk mengatasi masalah perguruan tinggi negeri (PTN) yang mengalami banyak kendala dalam penerbitan jurnal berstandar internasional.

Ketua MRPTNI Prof Dr Idrus A Paturusi yang juga Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ketika membuka pertemuan terbatas yang dihadiri utusan beberapa PTN di Indonesia di Jakarta (18/6) seperti yang dilaporkan Dosen Unhas Dahlan Abubakar MH melalui telepon selular Jakarta-Makassar, Senin.

"Untuk itu Majelis Rektor PTN Indonesia membantu menyelesaikan masalah dengan pembentukan Pokja Jurnal Internasional dari sejumlah PTN," kata Idrus Paturusi yang didampingi Sekretaris Eksekutif MRPTNI Andi Ilham Makhmud.

Sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan jurnal internasional yang kredibel bagi para peneliti di PTN, diharapkan juga jurnal yang berskala internasional ini dapat menarik para peneliti asing untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya di jurnal Indonesia.

Sekretaris Eksekutif MRPTNI A Ilham Makhmud menjelaskan, tugas pokok Pokja ini adalah menginventarisasi jurnal-jurnal yang diterbitkan di sejumlah PTN dan memetakan jurnal-jurnal yang sudah siap diinternasionalisasikan serta membantu jurnal-jurnal yang masih memerlukan pembinaan agar dapat menjadi jurnal yang berstandar internasional di berbagai disiplin.

Tugas Majelis Rektor, kata Ilham Makhmud, adalah menjembatani penerbit-penerbit jurnal PTN dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta jaringan jurnal internasional, seperti Scopus, Elsevier, Sefron, dan lain-lain, dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi.

Tim Pokja yang terbentuk terdiri atas para ahli di perguruan tinggi besar, seperti ITB, UI, IPB, UGM, Unair, Unhas, dan juga melibatkan PTN yang sedang berkembang agar memiliki pengalaman dalam menerbitkan jurnal berstandar internasional. Pada akhir pertemuan, tim sepakat menunjuk Prof Ismunandar (ITB) dan Prof Dr Harno Dwi Pranowo (UGM) sebagai Ketua dan sekretaris Pokja,

"Hasil tim Pokja ini akan dipresentasikan di depan Mendikbud dan para Rektor PTN seluruh Indonesia dalam waktu dekat," ujar Ilham Makhmud.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga