Pemilihan rektor UI harus bersih dari politik

Senin, 18 Juni 2012 20:53 WIB | 3364 Views

Setelah pendaftaran kami melakukan seleksi untuk menentukan calon rektor, selanjutnya ditentukan lima orang, kemudian tiga orang setelah itu menentukan rektor terpilih."
Berita Terkait
Depok (ANTARA News) - Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) Said Agil Siradj berharap pemilihan Rektor UI bersih dari pengaruh partai politik.

"Kami ingin pemilihan rektor bersih dari politik," kata Said Agil, di kampus UI Depok, Senin.

Untuk mendukung pemilihan rektor bersih dari politik, pihaknya menetapkan syarat calon rektor tidak pernah menjabat sebagai pengurus partai politik.

Ia mengatakan, pendaftaran calon rektor dibuka pada 20 Juni hingga 30 Juni 2012 dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi syarat.

"Setelah pendaftaran kami melakukan seleksi untuk menentukan calon rektor, selanjutnya ditentukan lima orang, kemudian tiga orang setelah itu menentukan rektor terpilih," ujar Said yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PBNU.

Menurut dia, jika salah satu calon mendapatkan suara lebih dari 50 persen maka ia akan langsung menjadi rektor terpilih.

Dikatakannya, Rektor UI harus sudah terpilih pada 7 Agustus 2012 atau seminggu sebelum masa jabatan rektor yang lama berakhir.

"Pada 7 Agustus sudah ada rektor terpilih UI," jelasnya. Ia mengemukakan, syarat calon rektor UI ini lebih ketat dibandingkan dengan pemilihan calon presiden (Capres).

Syarat itu antara lain lulusan Doktor (S3) dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi, berbadan sehat yang dinyatakan surat keterangan dari empat rumah sakit yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rumah Sakit Persahabatan, Rumah Sakit Fatmawati, dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Selain itu juga bersedia mundur jika dinilai tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara itu Ketua Pansus Pemilihan Rektor UI Endriartono Sutarto mengatakan, pihaknya telah merumuskan taat tertib pemilihan rektor.

Mantan Panglima TNI tersebut berharap rektor terpilih nantinya bisa membuat UI menjadi perguruan tinggi yang bergengsi, mempunyai integritas dan inovasi guna membangun bangsa dan negara.

Rektor UI dipilih oleh 21 anggota MWA. Mereka terdiri dari suara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), sebelas orang dari fakultas, satu perwakilan karyawan, dan satu mahasiswa.

Selain itu ada enam anggota MWA yang merupakan perwakilan masyarakat. Untuk suara menteri memiliki porsi suara terbesar yakni 35 persen suara.

(F006/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN Sumbawa

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN SumbawaSejumlah pekerja outsourcing yang tergabung dalam Serikat Pekerja Progresif menggelar aksi unjuk rasa dan mendirikan ...

Wakil ketua DPRD Mamuju diperiksa terkait kasus narkoba

Wakil ketua DPRD Mamuju diperiksa terkait kasus narkobaSuraidah Suhardi Duka, putri Bupati Mamuju, Sulawesi barat, yang menjabat wakil ketua DPRD Kabupaten Mamuju, terpaksa ...

LIPI dirikan Rumah Kantung Semar di Cibodas

LIPI dirikan Rumah Kantung Semar di CibodasUnit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas selaku satuan kerja Lembaga Ilmu ...