Senin, 22 Desember 2014

Vietnam keluarkan UU larangan merokok di tempat umum

| 3.402 Views
id larangan merokok vietnam, larangan iklan rokok
Vietnam keluarkan UU larangan merokok di tempat umum
Kawasan Dilarang Merokok Tangan peneliti (YLKI) menempelkan stiker saat peluncuran hasil survei Kawasan Dilarang Merokok di Hotel dan Restoran di Jakarta, Selasa (10/1). Menurut Anggota Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menyatakan hasil Survei bahwa fakta dari riset menunjukan konsumen justru mendukung kebijakan Kawasan Dilarang Merokok (KDM) di hotel dan restoran serta dengan diterapkannya Kawasan Dilarang Merokok (KDM) tidak akan mematikan industri hotel dan restoran. (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)
Kami sangat senang dengan perkembangan ini."
Hanoi (ANTARA News) - Vietnam telah mengeluarkan undang undang larangan merokok di tempat umum dan segala bentuk iklan rokok, kata seorang pejabat Selasa.

Undang Undang yang mendapat dukungan 440 suara dari 468 wakil majelis nasional Senin itu juga mengilegalkan penjualan produk tembakau kepada mereka yang usianya masih di bawah 18 tahun, kata anggota parlemen, yang menolak disebutkan namanya, lapor AFP.

Undang Undang tersebut akan berlaku Mei, kata media negara.

Merokok di tempat umum termasuk sekolah, rumah sakit, gedung perkantoran dan transportasi umum pernah dilarang pada 2010 dengan dekrit pemerintah, yang juga menaikkan pajak tembakau dan membatasi penjualan rokok.

Namun perintah tersebut banyak diabaikan, bahkan merokok di tempat umum meningkat dan rokok tersedia di kios kecil di hampir setiap jalan di ibu kota Hanoi.

Kelompok penganjur antimerokok Aliansi Pengawasan Tembakau Asia Tenggara (SEATCA) menyambut baik Undang Undang baru tersebut -- teks utuh belum diterbitkan -- mengatakan hal itu merupakan sebuah "tonggak bersejarah dan penting" negara tersebut.

"Kami sangat senang dengan perkembangan ini," kata direktur SEATCA Bungon Ritthiphakdee, menambahkan bahwa versi terakhir undang undang tersebut kuat dan sejalan dengan Kerangka Kerja-WHO Konvensi mengenai Pengawasan Tembakau.

Menurut SEATCA, kini terdapat 15,3 juta perokok di Vietnam.

Sekitar 47,4 persen pria dewasa merokok.

Tembakau membunuh 40.000 orang per tahun di Vietnam dan angka tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 70.000 per tahun sebelum 2030, menurut laporan media lokal. (K004)

Penerjemah: B Kunto Wibisono

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca