Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 15 maskapai penerbangan saat ini meramaikan dan bersaing merespon pasar rute Bandung ke sejumlah kota di dalam maupun luar negeri.

"Saat ini ada 15 maskapai penerbangan sipil yang melayani rute Bandung, total penerbangan di Bandara Husein Sastranegara saat ini 50 penerbangan, sipil dan militer," kata Komandan Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara Kota Bandung, Kolonel Penerbang Umar Haryono, di Bandung, Selasa.

Dengan 50 penerbangan itu, dia nilai kondisi Bandara Husein masih cukup aman untuk penerbangan. Bahkan dengan kapasitas yang ada saat ini, kata dia, masih bisa menampung hingga 75 penerbangan per hari.

Untuk operasionalisasi bandara sipil dan penerbangan sipil, pihak yang berkompeten tentang itu adalah PT Angkasa Pura I dan II, serta Kementerian Perhubungan. TNI-AU hanya memiliki kewenangan pada operasionalisasi penerbangan militer dan pesawat terbang militer.

Sejumlah maskapai penerbangan yang telah membuka rutenya ke Bandung itu antara lain Air Asia, Garuda, Sriwijaya Air, Merpati, Silk Air, Pacific Royale, Wing Air, Lion Air dan Susi Air.

(S033/Y003)