Kamis, 31 Juli 2014

Tentara Turki dibunuh pemberontak Kurdi

Selasa, 19 Juni 2012 21:05 WIB | 3.238 Views
Tentara Turki dibunuh pemberontak Kurdi
Warga setempat berdiri mengelilingi jenazah korban yang tewas akibat serangan udara di desa Ortasu dekat kota Sirnak, Turki tenggara, akhir tahun lalu. Pemerintah Turki kerap melancarkan tindakan represif ke tempat-tempat yang diduga menjadi sarang separatis milisi Kurdi, yang ingin mendirikan negara sendiri lepass dari kekuasaan Istanbul. Satu organisasi pemberontak yang sering berhadapan dengan pasukan pemerintah Turki adalah Partai Pekerja Kurdistan. (REUTERS/Emin Bal/IHA)
Diyarbakir, Turki (ANTARA News) - Setidaknya tujuh tentara Turki tewas dan 15 lagi cedera saat pemberontak Kurdi menyerang pos mereka di Turki selatan, Selasa. Sering terjadi bentrokan bersenjata di pegunungan Turki itu antara pasukan keamanan dan pemberontak Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Serangan itu terjadi di Yuksekova, dekat perbatasan dengan Irak dan Iran, dan memperingatkan jumlah korban bisa bertambah.

Satu kelompok pemberontak kemungkinan memasuki Turki dari pangkalan-pangkalan mereka di Irak utara untuk menyerang pos tentara di Yesiltas, kata mereka.

Stasiun televisi NTV mengatakan pasukan darat dan helikopter-helikopter tempur sedang mengejar para penyerang.

Pesawat-pesawat tempur Turki umumnya membom tempat-tempat persembunyian PKK untuk membalas serangan-serangan terhadap pasukan.

PKK, yang dikategorikan teroris oleh Turki dan internasional, mengangkat senjata di Turki tenggara yang berpenduduk mayoritas Kurdi pada 1984. Hal ini memicu konflik yang telah menewaskan sekitar 45.000 orang.

(H-RN/B002)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga