Kamis, 28 Agustus 2014

Yudhoyono, Cameron, Sirleaf pimpin panel PBB Rio+20

Selasa, 19 Juni 2012 23:43 WIB | 1.721 Views
Yudhoyono, Cameron, Sirleaf pimpin panel PBB Rio+20
Marty Natalegawa. (ANTARA)
Los Cabos (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ban Ki-moon, meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Perdana Menteri Inggris, David Cameron, dan Presiden Liberia, Ellen Johnson Sirleaf, menjabat ketua bersama panel tingkat tinggi PBB untuk menindaklanjuti Konferensi Rio+20 dan pasca-Protokol Kyoto.

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, di Los Cabos, Meksiko, Selasa pagi waktu setempat, hal itu disampaikan oleh Ban Ki-moon kepada Presiden Yudhoyono dalam pertemuan bilateral kedua tokoh itu di sela-sela pertemuan Kelompok Negara 20 (G-20).

"Sekjen PBB meminta Bapak Presiden, bersama dengan PM Inggris dan Presiden Liberia untuk memimpin suatu panel tingkat tinggi yang akan menyampaikan rekomendasi mengenai kerangka kerja sama pascapertemuan Rio+20 dan Protokol Kyoto," kata Menlu.

Marty mengatakan bahwa pada September, Sekjen PBB, Presiden Yudhoyono, PM Cameron dan Presiden Sirleaf akan membahas hal itu dengan para anggota panel tingkat tinggi itu, yang para anggotanya akan disampaikan oleh Sekjen PBB setelah pertemuan Rio+20.

Ia mengatakan, Presiden Yudhoyono diharapkan bisa menuntaskan kegiatan penyusunan rekomendasi itu hingga April tahun depan untuk kemudian disampaikan kepada Sekjen PBB.

Sebelumnya, Sekjen PBB mengatakan bahwa panel itu akan "memberi rekomendasi pasca-2015" untuk mendorong Tujuan Pembangunan Milenium, terutama terkait isu kemiskinan, kelaparan dan penyakit di negara-negara miskin.

Menurut Ban Ki-moon, PBB membutuhkan arah yang jelas untuk meningkatkan arsitektur institusional global guna menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan.

Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) Rio+20 akan mencoba untuk menuntaskan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam tujuh tema inti, termasuk di bidang ketahanan pangan, air dan energi pasca-20 tahun pertemuan di kota yang sama tersebut.
(T.G003/Z002)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga