Kamis, 31 Juli 2014

DPR tetapkan tujuh anggota DK-OJK

Rabu, 20 Juni 2012 00:41 WIB | 3.063 Views
DPR tetapkan tujuh anggota DK-OJK
Emir Moeis (FOTO.ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Komisi XI DPR RI menetapkan tujuh anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) dalam rapat internal fraksi di Jakarta, Selasa malam.

"Kami harapkan ini yang terbaik, mudah-mudahan bisa berhasil. Ingat ini lembaga yang sangat strategis, penting dan besar," ujar Ketua Komisi XI Emir Moeis menanggapi tujuh nama terpilih ini.

Mereka adalah Muliaman Hadad yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua, kemudian enam nama terpilih melalui pemungutan suara yaitu Nelson Tampubolon, Nurhaida, Rahmat Waluyanto, Firdaus Djaelani, Ilya Avianti dan Kusumaningtuti Soetiono.

Dengan demikian tujuh nama yang tercoret adalah Mulia Nasution, Achjar Iljas, I Wayan Agus Mertayasa, Riswinandi, Isa Rachmatarwata, Rijani Tirtoso dan Yunus Husein.

Menurut Emir, Muliaman Hadad yang saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih secara aklamasi oleh seluruh fraksi karena memiliki pengalaman, kapabilitas serta usia yang masih muda untuk menangani lembaga sebesar OJK.

"Muliaman kelihatannya memiliki pengalaman memadai dan enerjik. Ini lembaga besar, dan perlu seorang pimpinan yang enerjik untuk bisa memimpin ini," ujarnya.

Sedangkan, untuk pemilihan anggota yang lain, DPR memutuskan untuk melakukan pemungutan suara atau voting karena tidak ditemukan kesepakatan antar fraksi dalam bermusyawarah.

"Voting dilakukan karena masing-masing anggota memiliki pandangan lain-lain," kata Emir.

Sementara, untuk jabatan terkait dari anggota terpilih, Emir mengatakan hal tersebut akan diputuskan oleh antar anggota Dewan Komisioner dan bukan sesuai kesepakatan yang ditentukan sebelumnya oleh panitia seleksi dan Presiden.

"Untuk penempatan bidang, kita serahkan kepada mereka. Kita bisa menyarankan, tapi keputusan di Dewan Komisioner," ujarnya.

Dalam pemungutan suara, Nurhaida yang saat ini menjadi Ketua Bapepam LK mendapatkan suara terbanyak sebesar 54 suara, diikuti Firdaus Djaelani serta Kusumaningtuti Soetiono yang masing-masing mendapatkan 53 suara.

Kemudian, Ilya Avianti mendapatkan 50 suara, Nelson Tampubolon 44 suara dan Rahmat Waluyanto 40 suara.

Sedangkan Yunus Husein hanya mendapatkan 26 suara, Riswinandi tiga suara dan Achjiar Iljas, Mulia Nasution, I Wayan Agus Mertayasa, Isa Rachmatarwata serta Rijani Tirtoso hanya mendapatkan satu suara.

Dalam waktu dekat, OJK mendapatkan tugas untuk mempersiapkan masa transisi sebelum mendapatkan pengalihan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan non bank dari Bapepam LK pada 2013.

Menurut rencana, pengesahan tujuh nama anggota DK-OJK ini akan dilakukan pada rapat paripurna DPR RI pada Selasa (26/6).

(S034/D012)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga